9 Cara membuat ponsel lemot jadi lebih ngebut, ketahui dulu penyebabnya

9 Cara membuat ponsel lemot jadi lebih ngebut, ketahui dulu penyebabnya

Cara mengatasi ponsel lemot

1. Matikan dan nyalakan kembali ponsel kamu

9 Cara membuat ponsel lemot jadi lebih ngebut, ketahui dulu penyebabnya foto: freepik.com/suwant

Ini mungkin agak klise, tetapi terkadang solusi termudah adalah yang terbaik. Mematikan dan menghidupkan kembali ponsel dapat membantu dalam beberapa hal. Jika kamu tidak pernah mematikan ponsel dan hanya memilih untuk membiarkannya terisi daya semalaman dan menggunakannya di siang hari, maka dengan menyalakannya kembali dapat mempercepatnya. Mem-boot ulang ponsel dapat membantu mengosongkan memori dan menyegarkannya kembali.

2. Bersihkan cache terlebih dahulu

9 Cara membuat ponsel lemot jadi lebih ngebut, ketahui dulu penyebabnya foto: freepik.com/wirestock

Jika lambatnya ponsel hanya terjadi pada beberapa aplikasi saat dijalankan, bisa jadi hal tersebut dikarenakan cache. Kamu bisa menghapus cache aplikasi dan mungkin dapat menghilangkan potensi masalah. Caching (menghapus cache) dapat membantu ponsel kamu berjalan dengan lancar. Tetapi terkadang juga dapat menyebabkan masalah yang justru sebaliknya dan memperlambatnya.

3. Mengosongkan ruang penyimpanan ponsel

9 Cara membuat ponsel lemot jadi lebih ngebut, ketahui dulu penyebabnya foto: freepik.com

Seiring waktu, kamu mendapati bahwa penyimpanan ponsel penuh karena instal apliksi yang terlalu banyak, file yang telah kamu unduh, atau foto yang telah kamu ambil. Semakin banyak file yang disimpan otomatis akan mengurangi kapasitas penyimpanan internal.

Tanpa ruang kosong yang cukup, ponsel akan memiliki lebih sedikit memori untuk digunakan dan hal ini dapat berdampak pada masalah kinerja yang menyebabkan ponsel terasa lamban dan tidak responsif.

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengosongkan sebagian ruang tersebut dan membuatnya dapat digunakan kembali. Ini termasuk menghapus aplikasi yang tidak diinginkan, menghapus foto, mengosongkan tempat sampah, termasuk menghapus game besar yang tidak terpakai dan aplikasi yang jarang kamu gunakan.

4. Perbarui sistem ponsel kamu

9 Cara membuat ponsel lemot jadi lebih ngebut, ketahui dulu penyebabnya foto: freepik.com/grinvalds

Selalu periksa pembaruan sistem untuk ponsel kamu. Sebab dengan menginstal pembaruan sistem dapat membantu mempercepat kinerja ponsel. Produsen ponsel biasanya meluncurkan pembaruan keamanan dan perangkat lunak untuk ponsel secara berkala yang dapat membantu mengatasi masalah kinerja ponsel.

(brl/red)