9 Cara membuat ponsel lemot jadi lebih ngebut, ketahui dulu penyebabnya

9 Cara membuat ponsel lemot jadi lebih ngebut, ketahui dulu penyebabnya

Techno.id - Mungkin banyak yang merasa perangkat smartphone yang kamu miliki semakin lambat kinerjanya. Tak seperti awal digunakan. Hal itu adalah wajar sebab, masa pakai perangkat bisa memengaruhi performa dan kinerja smartphone.

Memiliki ponsel untuk waktu yang lama, sangat mungkin akan memengaruhi kecepatan. Ponsel tersebut menjadi kurang responsif dibanding sebelumnya. Hal ini terjadi pada semua smartphone dengan sistem operasi Android maupun iOS. Karena itu dibutuhkan perawatan.

Namun, sebelum kamu melakukannya, ada baiknya mencari tahu penyebab mengapa ponsel kamu semakin lemot. Sebab, ada banyak faktor yang membuat perangkat kamu kurang responsif seiring lamanya penggunaan ponsel tersebut.

9 Cara membuat ponsel lemot jadi lebih ngebut, ketahui dulu penyebabnya foto: freepik.com/tapati2528

Secara alami, setelah beberapa tahun digunakan, baterai ponsel biasanya akan mengalami penurunan kualitas. Ini biasanya menjadi sebuah permulaan mengapa ponsel kamu lemot.

Dampak selanjutnya, daya tahan baterai semakin berkurang sehingga harus sering diisi ulang. Sistem manajemen baterai juga dapat memengaruhi tingkat kinerja perangkat lunak. Akibatnya akan memperlambat ponsel kamu.

Faktor lain yang juga bisa menjadi penyebab ponsel lambat adalah banyaknya aplikasi yang diunduh di dalam ponsel. Apalagi jika ponsel tersebut sudah cukup lama kamu gunakan. Selain itu, mungkin kamu juga sudah memiliki banyak foto atau video di dalamnya. Hal ini juga bisa menjadi penyebab melambatnya kinerja ponsel karena kapasitas penyimpanan semakin berkurang.

Lantas bagaimana cara memperbaiki kinerja ponsel yang sudah semakin lemot? Berikut techno.id sajikan beberapa cara mengatasinya.

(brl/red)