Cara menjalankan aplikasi dan game Windows di Android menggunakan Winlator

Cara menjalankan aplikasi dan game Windows di Android menggunakan Winlator

Techno.id - Mungkin banyak dari kamu bertanya, bagaimana caranya menjalankan aplikasi dan game Windows favorit di perangkat Android? Caranya cukup mudah. Kamu cukup menggunakan Winlator untuk menjalankan aplikasi Windows langsung di ponsel cerdas Android.

Winlator adalah aplikasi Android yang menggunakan Wine dan Box86 untuk menerjemahkan dan menjalankan aplikasi Windows di Android. Sayangnya, aplikasi ini tidak tersedia di Play Store. Artinya kamu harus melakukan sideload aplikasi Android secara manual setelah mengunduh file APK. Kamu dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Pertama, buka Pengaturan > Aplikasi dan ketuk browser yang biasa kamu gunakan.

2. Gulir ke bawah, pilih opsi Instal aplikasi yang tidak dikenal, lalu aktifkan Izinkan dari sumber ini.

3. Kunjungi halaman GitHub Winlator dan unduh rilis terbaru yang tersedia. Kamu mungkin melihat peringatan bahwa file APK mungkin berbahaya, tetap ketuk Unduh untuk melanjutkan.

Setelah selesai mengunduh, kamu akan mendapatkan notifikasi di bagian atas yang meminta kamu membuka aplikasi. Ketuk Buka, lalu pilih Instal untuk mengonfirmasi.

Menyiapkan Winlator di Android

Cara menjalankan aplikasi dan game Windows di Android menggunakan Winlator foto: freepik/vectonauta/winlator

Saat kamu membuka Winlator untuk pertama kalinya, Winlator akan mengunduh beberapa dependensi dan file tambahan. Setelah selesai, kamu perlu mengubah beberapa pengaturan untuk memastikan pengalaman yang lancar.

Misalnya, jika kamu berencana untuk bermain game atau menjalankan aplikasi yang mungkin tidak berfungsi dengan baik dengan layar sentuh, sebaiknya sambungkan keyboard dan mouse ke ponsel kamu.

Sekarang, untuk menyiapkan Winlator di perangkat Android, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Ketuk ikon + (plus) di kanan atas untuk membuat penampung baru.

2. Jika kamu memiliki perangkat yang relatif lebih lama atau kelas bawah, kurangi resolusinya dengan mengetuk Ukuran Layar dan memilih resolusi yang lebih rendah seperti 800x600.

3. Jika ponsel kamu memiliki GPU Mali (terutama ditemukan di SOC MediaTek), ubah pengaturan Driver Grafis menjadi VirGL (Universal). Namun, jika ditenagai chipset Snapdragon, pilih Turnip (Adreno).

4. Terakhir, ketuk tanda centang di pojok kanan bawah untuk membuat penampung.

(brl/red)