10 Penyebab ponsel cerdas kamu lemot mengisi daya, begini cara mengatasinya

10 Penyebab ponsel cerdas kamu lemot mengisi daya, begini cara mengatasinya

Techno.id - Apakah ponsel kamu membutuhkan waktu lama untuk mengisi daya dibanding keadaan normal? Masalah ini bisa membuat frustrasi ketika ponsel cerdas kamu tidak mengisi daya secepat yang diinginkan.

Ada beberapa penyebab mengapa pengisian daya ponsel kamu lambat. Berikut beberapa solusi praktis untuk membantu kamu memecahkan masalah tersebut.

1. Kabel atau adaptor pengisi daya rusak atau tidak kompatibel

10 Penyebab ponsel cerdas kamu lemot mengisi daya, begini cara mengatasinya foto: freepik/phanuwatnandee

Pastikan kamu menggunakan kabel pengisi daya dan adaptor asli bawaan ponsel, atau aksesori pihak ketiga yang bersertifikat. Periksa apakah ada kerusakan yang terlihat, kabel yang berjumbai, atau konektor yang bengkok pada kabel pengisi daya. Pastikan adaptor pengisi daya menyediakan keluaran daya yang cukup untuk model ponsel kamu.

2. Port pengisian daya kotor

10 Penyebab ponsel cerdas kamu lemot mengisi daya, begini cara mengatasinya foto: freepik/pvproductions

Periksa port pengisian daya pada ponsel kamu apakah terdapat kotoran atau serat? Gunakan benda non-logam untuk membersihkan port dengan lembut. Hindari memasukkan benda asing ke dalam port pengisian daya, karena dapat menyebabkan kerusakan.

3. Aplikasi dan proses latar belakang

10 Penyebab ponsel cerdas kamu lemot mengisi daya, begini cara mengatasinya foto: freepik/grinvalds

Tutup semua aplikasi yang tidak perlu yang berjalan di latar belakang, karena dapat menghabiskan sumber daya dan bisa memperlambat proses pengisian daya. Nonaktifkan fitur yang menguras baterai seperti Wi-Fi, Bluetooth, GPS, dan wallpaper hidup saat mengisi daya.

4. Sistem operasi yang kedaluwarsa

10 Penyebab ponsel cerdas kamu lemot mengisi daya, begini cara mengatasinya foto: freepik

Periksa apakah sistem operasi ponsel kamu sudah mutakhir? Pembaruan perangkat lunak baru sering kali menyertakan pengoptimalan yang meningkatkan efisiensi pengisian daya. Buka pengaturan ponsel kamu dan cari bagian "Pembaruan Perangkat Lunak" atau "Pembaruan Sistem" untuk memeriksa pembaruan yang tersedia.

5. Aplikasi dan layanan yang haus daya

10 Penyebab ponsel cerdas kamu lemot mengisi daya, begini cara mengatasinya foto: freepik

Beberapa aplikasi dan layanan dapat menghabiskan banyak daya, bahkan saat ponsel sedang diisi dayanya. Identifikasi dan batasi atau nonaktifkan aplikasi tersebut untuk mengurangi pengurasan baterai selama pengisian daya.

(brl/red)