Cara mengetahui dan memeriksa jumlah siklus baterai iPhone

Cara mengetahui dan memeriksa jumlah siklus baterai iPhone

Techno.id - Menghitung siklus baterai dapat menjadi cara terbaik untuk menentukan kondisi baterai ponsel. Pada iPhone, fitur ini memberi kamu gambaran yang lebih baik tentang bagaimana baterai menua setelah penggunaan bertahun-tahun.

Sebagai pengguna iPhone mungkin kamu tidak asing dengan metode Apple untuk menampilkan kesehatan baterai iPhone. Fitur ini akan memberi kamu beberapa informasi. Kamu juga dapat membandingkan siklus baterai dengan persentase kesehatan Apple untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang baterai iPhone kamu.

Sebelum mempelajari cara memeriksa jumlah siklus baterai di iPhone, ketahui dulu mengenai hitungan siklus baterai. Sebagai informasi, hitungan siklus baterai adalah jumlah berapa kali baterai terisi penuh dan habis. Ketika kamu menghabiskan baterai iPhone yang terisi penuh, kamu menyelesaikan satu siklus baterai.

Cara mengetahui dan memeriksa jumlah siklus baterai iPhone foto: unsplash/de an sun

Pada kenyataannya, jarang ada orang yang mengisi daya dan menggunakan iPhone mereka seperti itu. Jadi, mari kita lihat skenario praktisnya.

Anggaplah kamu memiliki iPhone yang terisi penuh dan mengosongkannya hingga 40%. Itu artinya kamu menggunakan 60% baterai. Kemudian, kamu mengisi daya lagi hingga 100%.

Karena hanya menggunakan 60% baterai, kamu belum menyelesaikan siklus pengisian daya penuh. Ini hanya dihitung ketika kamu menggunakan 40% baterai lainnya, karena akan ditambahkan hingga total 100%, tidak peduli berapa kali kamu mengisi daya iPhone.

Oleh karena itu, hitungan siklus baterai idealnya akan menunjukkan berapa kali kamu telah menggunakan 100% kapasitas baterai, meskipun kamu hanya menggunakannya sedikit demi sedikit di sela-sela pengisian daya.

(brl/red)