Cara download game PS2 dan PS3 di laptop, bisa main berdua

image

Techno.id - Game adalah salah satu permainan yang dapat digunakan untuk mengisi waktu luang. Berbagai jenis game telah dirilis secara resmi di pasaran. Dari berbagai jenis game yang ada, game yang dimainkan pada Playstation merupakan salah satu game yang memberikan banyak pengalaman. Selain memberikan pengalaman, beberapa game yang dimainkan di PS2 dan PS3 memberikan momen nostalgia saat grafik pada sebuah game masih sederhana.

Berbagai game seperti GTA, God of War, Black, dan lain sebagainya memiliki memori tersendiri yang membuat pemainnya ingin memainkan lagi game tersebut.

Dengan semakin canggihnya teknologi, berbagai game di PS2 dan PS3 kini bisa dimainkan menggunakan laptop dan PC. Dengan bantuan berbagai aplikasi, kamu dapat memainkan kembali berbagai game yang dulu sering dimainkan di PS bersama teman-teman.

Berkaitan dengan game PS2 dan PS3 di laptop atau PC, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Kamis (31/3), cara download game PS2 dan PS3 di laptop untuk bernostalgia.

Cara download game PS3 di laptop

PS2 dan PS3 di laptop freepik.com

foto: freepik.com

Sebelum memainkan berbagai game di PS3, kamu perlu menginstalnya terlebih dahulu beserta sebuah emulator untuk menjalankannya dengan lancar.

Kamu perlu mendownload sebuah emulator bernama RPCS3. Kamu dapat memainkan berbagai game yang kamu inginkan setelah menginstall aplikasi ini pada laptop yang kamu gunakan. Untuk mulai menginstall berbagai game yang kamu inginkan, kamu bisa ikuti langkah berikut ini.

1. Download dan instal RPCS3 pada laptop yang kamu gunakan. Kamu juga akan membutuhkan LLE Modules yang bisa kamu cari di Google.

2. Setelah berhasil mendownload RPCS3 dan LLE Modules pada laptop yang kamu gunakan, copy folder bernama "dev_flash" yang ada di LLE Modules.

3. Setelah "dev_flash" berhasil terinstal di RPCS3, buka RPCS3 dan klik menu Config, kemudian settings. Centang 4 file dalam tampilan jendela yakni libresc.prx, librtc.prx, libsre.prx, dan libspurs_jq.prx.

4. Klik bagian Graphics dan pilih VGA mana yang akan kamu gunakan untuk menjalankan berbagai game lalu klik OK>.

5. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan file game yang kamu ingin mainkan. Kamu dapat mendownload file game tersebut di Google melalui berbagai link yang disediakan.

6. Jika game dan emulator sudah siap, kamu bisa kembali membuka RPCS3. Biasanya kamu akan di minta untuk mendownload BIOS terlebih dahulu. Jika muncul notifikasi untuk instalasi BIOS klik Yes.

7. Setelah BIOS terinstall, pastikan BIOS tersimpan pada folder yang sama dengan RPCS3.

8. Tutup aplikasi RPCS3 dan buka kembali RPCS3 untuk mulai memainkan berbagai game yang kamu inginkan.

2. Cara download game PS2 di laptop

PS2 dan PS3 di laptop freepik.com

foto: freepik.com

Sama seperti memainkan game PS3, kamu membutuhkan bantuan sebuah emulator untuk dapat memainkan berbagai game PS2 dengan lancar. Kamu perlu menginstall sebuah emulator bernama PCSX2 Play Station 2. Untuk mulai menginstal dan memainkan berbagai game PS2 pada laptop yang kamu miliki, kamu bisa mengikuti langkah berikut ini.

1. Download dan instal emulator PCSX2 pada laptop yang kamu gunakan. Jika kamu menggunakan keyboard untuk memainkan game, kamu perlu menyesuaikan settingan pada menu PAD.

2. Setelah proses instalasi PCSX2 berhasil, jangan lupa untuk mendownload BIOS dan mengaturnya pada menu Bios.

3. Sama seperti game PS3, kamu perlu mendownload ISO game PS2 yang ingin kamu mainkan. Kamu dapat mencarinya di Google dengan berbagai link yang tersedia.

4. Setelah mendownload file ISO game PS2 yang ingin kamu mainkan, kamu bisa buka kembali PCSX2 cari menu CDVD, kemudian Iso selector dan cari file ISO gamenya.

5. setelah menentukan ISO dari game yang ingin kamu mainkan, Pilih menu System, kemudian Reboot CDVD (full) atau Reboot CDVD (fast).

6. Kamu sudah bisa menjalankan game PS2 dengan lancar.


(brl/guf)