Cara mudah mengatasi boros baterai di HP Android, hapus aplikasi yang jarang digunakan

Cara mudah mengatasi boros baterai di HP Android, hapus aplikasi yang jarang digunakan

Techno.id - Smartphone menjadi device paling diandalkan untuk berbagai aktivitas, mulai dari belajar, berbisnis, dan tentu saja berkomunikasi. Ada berbagai aplikasi penunjang untuk pengguna bisa melakukan aktivitas multitasking. Bahkan terdapat platform yang menyediakan layanan hiburan seperti bermain game maupun menonton tayangan favorit pengguna.

Kendati banyak aplikasi ditawarkan developer, ternyata terdapat platform yang menyebabkan smartphone menjadi boros baterai. Aplikasi tersebut biasanya memerlukan berbagai fitur lain di dalam device seperti lokasi, bluetooth, gyro, dan lain sebagainya. Bahkan terdapat aplikasi terbilang memakan banyak daya baterai, namun hanya mempunyai fungsi sebagai tampilan grafis atau wallpaper saja.

Seperti diketahui, smartphone menggunakan baterai sebagai penopang daya agar device dapat digunakan. Namun jika ada aplikasi boros baterai, pengguna perlu melakukan beberapa trik agar smartphone tidak boros baterai lagi. Lantas apa saja yang mesti dilakukan? Berikut techno.id sajikan cara mudah mengatasi aplikasi boros baterai di HP Android, yang dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (6/6).

1. Update aplikasi

Cara mudah mengatasi boros baterai di HP Android, hapus aplikasi yang jarang digunakan foto: pexels.com

Aplikasi yang terindikasi boros baterai biasanya mengalami bug karena belum terupdate. Karena itu, pengguna bisa melakukan pembaruan aplikasi agar masalah teratasi. Kendati demikian, bukan berarti aplikasi tidak terupdate menjadi faktor penyebab utama device menjadi boros baterai.

Silakan cek terlebih dahulu konsumsi baterai per aplikasi. Dari setting, cari baterai dan battery usage by app atau sejenisnya. Dari situ kelihatan persentase baterai yang telah digunakan dalam 24 jam terakhir.

2. Hapus aplikasi tidak penting

Agar smartphone yang kamu gunakan mempunyai efisiensi baterai maksimal, silakan untuk menyeleksi aplikasi paling tidak digunakan. Apabila kedapatan ada aplikasi jarang terpakai, silakan hapus atau uninstal aplikasi tersebut. Jangan sampai aplikasi tidak terpakai malah menjadi penyebab baterai kamu boros. Apalagi platform tersebut membutuhkan fitur lain, seperti bluetooth, internet, dan lainnya.

(brl/red)