9 Cara membuat ponsel lemot jadi lebih ngebut, ketahui dulu penyebabnya

9 Cara membuat ponsel lemot jadi lebih ngebut, ketahui dulu penyebabnya

Cara mengatasi ponsel lemot

5. Periksa kecepatan jaringan internet

9 Cara membuat ponsel lemot jadi lebih ngebut, ketahui dulu penyebabnya foto: freepik.com/user2122532

Satu hal yang perlu diingat adalah terkadang ponsel menjadi lambat mungkin sebenarnya bukan karena kondisi ponsel kamu lho. Bisa jadi penyebabnya karena koneksi internet yang memang lemot. Jika kamu membuka halaman web lambat atau video buffering mungkin penyebabnya adalah sinyal kamu yang bermasalah. Kamu bisa menguji kecepatan internet dengan menggunakan aplikasi Speedtest.

6. Hapus widget

9 Cara membuat ponsel lemot jadi lebih ngebut, ketahui dulu penyebabnya foto: freepik.com

Jika kamu merasa ponsel lambat, terkadang ada baiknya melakukan perubahan kecil. Satu hal yang bisa kamu lakukan adalah berhenti menggunakan widget, terutama jika widgetnya dinamis dan diperbarui secara teratur di latar belakang. Sebab beberapa widget dapat menghabiskan banyak sumber daya dan jika kamu menggunakan banyak widget di ponsel, hal ini dapat menyebabkan masalah.

7. Matikan pelacakan lokasi

9 Cara membuat ponsel lemot jadi lebih ngebut, ketahui dulu penyebabnya foto: freepik.com/rawpixel.com

Hal lain yang secara teratur memperbarui dan mengirim data bolak-balik dari ponsel kamu adalah pelacakan lokasi. Aplikasi dan alat navigasi dapat menggunakan pelacakan lokasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna, tetapi pelacakan semacam ini juga dapat berdampak negatif pada masa pakai baterai dan kecepatan ponsel kamu. Jadi ada baiknya kamu mencoba mematikan pelacakan lokasi ini untuk melihat apakah hal ini dapat membantu meringankan masalah yang kamu hadapi.

8. Mengatur ulang ponsel ke pengaturan pabrik

9 Cara membuat ponsel lemot jadi lebih ngebut, ketahui dulu penyebabnya foto: freepik.com

Jika semua cara telah dilakukan dan ponsel tetap lmbat, maka pengaturan ulang pabrik mungkin merupakan langkah yang paling masuk akal untuk mengatasi masalah tersebut. Tapi yang perlu diingat, sebelum melakukan tindakan ini, sebaiknya kamu back-up terlebih dahulu data-data penting yang ada di ponsel. Sebab, dengan memilih kembali ke pengaturan pabrik, maka akan menghapus semua data dan aplikasi yang kamu unduh, keculi aplikasi bawaan ponsel.

9. Pertimbangkan untuk mengganti ponsel

9 Cara membuat ponsel lemot jadi lebih ngebut, ketahui dulu penyebabnya foto: freepik.com

Seiring berjalannya waktu dan masa penggunaan ponsel, perangkat keras dalam ponsel akan mulai menjadi kurang efisien. Jadi jika kamu telah mencoba semua rekomendasi di atas dan masih merasa ponsel kamu sangat lambat, mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan upgrade perangkat tersebut alias ganti yang baru. Apalagi saat ini di pasaran sudah banyak ponsel kelas menengah dengan harga terjangkau.

(brl/red)