Cara record Zoom di laptop dan MacBook, simpel dan mudah dilakukan

Cara record Zoom di laptop dan MacBook, simpel dan mudah dilakukan

Techno.id - Zoom merupakan platform aplikasi media online yang bisa digunakan untuk kepentingan belajar online dan juga pertemuan online. Aplikasi yang sudah banyak digunakan ini tentunya sangat mudah digunakan dan juga gratis.

Agar video zoom bisa diabadikan, banyak pengguna melakukan perekaman atau record. Untuk merekam video saat zoom, proses perekaman atau recording bisa dilakukan dengan mudah.

Oleh karena itu, lebih jelasnya berikut telah dilansir dari berbagai sumber oleh techno.id pada hari Rabu (19/10), cara record Zoom di laptop dan MacBook.

Cara merecord Zoom di laptop dan juga MacBook

Cara record Zoom di laptop dan MacBook, simpel dan mudah dilakukan

foto: pexels.com

Cara record di perangkat elektronik seperti laptop, MacBook bahkan sampai dengan komputer atau PC itu memiliki cara yang sama dan sangat mirip satu sama lainnya.

Maka dari itu, berikut lebih jelas dan lengkapnya cara merecord Zoom di laptop dan juga MacBook:

Cara record Zoom di laptop dan MacBook, simpel dan mudah dilakukan

foto: pexels.com

- Langkah pertama yang harus dilakukan adalah pastikan terlebih dahulu kamu telah memiliki aplikasi Zoom.
- Download dan install aplikasi Zoom (bagi yang belum mempunyai aplikasi)
- Setelah itu, buka aplikasi Zoom tersebut.
- Kemudian, setelah berada pada bagian halaman "Home" di aplikasi Zoom. tekan ikon roda gigi (bagian sudut kanan sebelah atas)
- Lalu, pilih opsi menu "Recording" dan pilih folder kosong untuk menyimpan hasil rekaman yang telah kamu lakukan. Namun, perlu diketahui ikon roda gigi ini tidak selalu ada. Akan ada tergantung pada penyelenggara yang mempunyai rapat tersebut.
- Adapun apabila penyelenggara rapat memberikan izin untuk melakukan record, maka ikon roda gigi ini akan muncul. Akan tetapi sebaliknya, apabila penyelenggara rapat tidak memberikan izin untuk melakukan record, maka ikon roda gigi tersebut pun tidak akan muncul dan mengharuskan kamu untuk meminta izin terlebih dahulu apabila ingin melakukan recording dan memunculkan ikon roda gigi tersebut.
- Selanjutnya, maka akan ada teks "Recording.." (bagian sudut kiri sebelah atas monitor)
- Kemudian, jika kamu ingin menjeda ataupun menghentikan record tersebut. Kamu bisa melakukannya dengan melalui tombol menu kontrol (bagian bawah toolbar)
- Adapun jika telah selesai, kamu tinggal menekan tombol "Stop" untuk mengakhiri recording tersebut
- Terakhir, hasil recording pun telah tersimpan di laptop dan MacBook pada folder yang telah kamu tentukan

Magang: Irvan Ahmad Fauzi

(brl/guf)