Mengenal iSIM, kartu SIM yang ditanam langsung di dalam perangkat selular dan ini manfaatnya

Mengenal iSIM, kartu SIM yang ditanam langsung di dalam perangkat selular dan ini manfaatnya

Techno.id - Pengguna perangkat selular pasti sudah tak asing dengan kartu SIM (SIM card) untuk mengoperasikan jaringan selular di smartphone. Kartu SIM yang dikeluarkan operator selular ini berfungsi untuk menjalankan aktivitas di ponsel seperti mengirim dan menerima data, melakukan panggilan, serta mengirim teks.

Tanpa kartu SIM, ponsel kamu tidak akan berguna sebagai ponsel. Umumnya kartu SIM (tradisional) ini masih dalam bentuk fisik seperti yang diketahui secara umum saat ini.

Namun seiring perkembangan teknologi, kini ada kartu SIM yang disebut iSIM dan eSIM. Baru-baru ini, seperti dilansir knowyourmobile.com, Qualcomm bekerja sama dengan Thales Group mengembangkan apa yang mereka sebut sebagai iSIM.

Mengenal iSIM, kartu SIM yang ditanam langsung di dalam perangkat selular dan ini manfaatnya foto: freepik.com/nomadsoul1

Tidak seperti kartu SIM tradisional, teknologi iSIM Qualcomm ditanamkan langsung ke dalam CPU Snapdragon 8 Gen 2. Artinya perangkat tidak perlu baki SIM dan alat baki SIM. Tentu saja perangkat yang bisa menjalankan iSIM adalah ponsel yang menggunakan CPU Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2. Chip Qualcomm adalah yang pertama memiliki teknologi iSIM yang secara resmi disertifikasi GSMA.

Diumumkan di ajang MWC 2023, Qualcomm mengonfirmasi bahwa iSIM baru ini akan sepenuhnya sesuai dengan standar penyediaan SIM jarak jauh GSMA. Sebagai informasi, Vodafone, Qualcomm, dan Thales berhasil mendemonstrasikan ponsel cerdas yang memanfaatkan iSIM pada 2022 lalu.

Dengan munculnya ponsel yang menggunakan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2, iSIM kini siap digunakan secara komersial di dalam ponsel. Sayangnya teknologi ini baru tersedia di Amerika Serikat, Inggris, dan Eropa.

(brl/red)