Mengenal iSIM, kartu SIM yang ditanam langsung di dalam perangkat selular dan ini manfaatnya

Mengenal iSIM, kartu SIM yang ditanam langsung di dalam perangkat selular dan ini manfaatnya

eSIM vs iSIM

Perbedaan eSIM dan iSIM

Mengenal iSIM, kartu SIM yang ditanam langsung di dalam perangkat selular dan ini manfaatnya foto: freepik.com/beelove

eSIM

Intinya eSIM atau SIM tertanam adalah chip yang dapat diprogram yang tertanam di dalam ponsel cerdas. Chip ini melakukan semua yang dilakukan kartu SIM fisik, dan tidak bergantung pada operator serta dapat diprogram untuk berjalan di jaringan yang berbeda dengan mudah.

Dengan perangkat yang kompatibel dengan eSIM, mengaktifkan koneksi baru dan berpindah operator menjadi lebih mudah, karena pengguna hanya perlu mengunduh dan menginstal file konfigurasi untuk eSIM miliknya.

Jaringan seluler biasanya memberikan profil eSIM dalam bentuk kode QR yang dapat dipindai dan diunduh ke perangkat pengguna. Tujuan penggunaan eSIM adalah untuk menggantikan kartu SIM fisik pada ponsel cerdas dan perangkat lainnya sepenuhnya.

Sebagi contoh, di Amerika Serikat, iPhone seri 14 diluncurkan dengan eSIM secara eksklusif, membuat produsen ponsel pintar lainnya berpikir untuk membuat ponsel mereka berjalan secara eksklusif pada eSIM.

iSIM

Mengenal iSIM, kartu SIM yang ditanam langsung di dalam perangkat selular dan ini manfaatnya foto: freepik.com/alliesinteractive

Sementara iSIM atau SIM terintegrasi, adalah jenis teknologi SIM yang menyematkan fungsionalitas SIM secara langsung ke dalam prosesor perangkat. Ini berarti bahwa perangkat dengan iSIM tidak memerlukan kartu SIM fisik dan dapat terhubung ke jaringan seluler yang berbeda dengan menggunakan perangkat lunak, bukan perangkat keras.

iSIM menawarkan fitur keamanan yang lebih baik dan lebih banyak ruang untuk aplikasi tambahan dibanding kartu SIM tradisional atau eSIM.

Dipercaya di masa depan, dengan adanya operator dan jaringan yang mendukung iSIM akan menjadi metode default untuk mengelola langganan pengguna ponsel dalam beberapa tahun ke depan.

Manfaat iSIM

Selain hal-hal seperti mengurangi limbah, karena tidak lagi memerlukan kartu SIM plastik, iSIM hadir dengan berbagai manfaat tambahan. iSIM membutuhkan ruang yang jauh lebih sedikit daripada eSIM/ Selain itu iSIM lebih aman karena terintegrasi langsung dengan SoC, sehingga tidak dapat dilepas atau dirusak. iSIM juga dilengkapi Secure Processing Unit yang menambahkan lapisan perlindungan tambahan. Terakhir, iSIM tidak membutuhkan daya seperti eSIM dan kartu SIM.

(brl/red)