Nokia siapkan 5G Slicing untuk mempercepat ponsel Andorid 14, main game hingga streaming jadi ngebut

Nokia siapkan 5G Slicing untuk mempercepat ponsel Andorid 14, main game hingga streaming jadi ngebut

Techno.id - Nokia sedang menyiapkan teknologi yang disebut 5G Slicing, yang diklaim akan membuat ponsel Android menjadi lebih cepat. Apa sih 5G Slicing itu?

Dalam sebuah keterangan resmi Nokia yang dilansir dari phonearena.com, segera setelah Android 14 dirilis yang kemungkinan besar akan dilkukan Agustus mendatang, Nokia sudah menyiapkan 5G Slicing.

Nokia mengumumkan bahwa teknologi ini telah berhasil diuji coba di negara asalnya, Finlandia dengan menggunakan produk slicing end-to-end Nokia. Nokia dikenal sebagai pemimpin dalam slicing 4G dan 5G.

Perusahaan jaringan ini mengatakan bahwa solusi slicing-nya dapat digunakan pada semua perangkat 4G dan 5G dan akan memungkinkan operator selular untuk menggunakan teknologi ini pada jaringan dan spektrum yang sudah ada.

Nokia siapkan 5G Slicing untuk mempercepat ponsel Andorid 14, main game hingga streaming jadi ngebut foto: nokia.com

Teknologi ini memungkinkan pengguna Android membeli dan mengaktifkan potongan jaringan 5G dari operator jaringan. Setiap irisan tersebut akan meningkatkan aktivitas tertentu melalui ponsel yang menjalankan Android 14 seperti bermain game, streaming, penyiaran, dan media sosial.

Potongan jaringan dapat dibuat untuk menyertakan karakteristik yang menarik bagi mereka yang menggunakan aplikasi tertentu. Sebagai contoh, potongan jaringan 5G dapat memberikan kinerja jaringan yang lebih baik dan latensi rendah bagi pengguna untuk bermain game cloud.

Bahkan mereka yang duduk di tribun pada acara olahraga dapat mengaktifkan potongan 5G tersebut untuk melihat tayangan ulang video atau konten tambahan yang mungkin termasuk statistik real-time. Tentu saja teknologi ini mahal, jadi harus ada cara untuk memonetisasinya? Ya, rencananya penyedia layanan nirkabel akan menjual potongan jaringan 5G kepada pelanggan mereka di area tertentu.

Bagi operator selular, slicing membuka peluang bisnis 5G yang baru dengan kesempatan untuk menyediakan layanan premium dan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Operator bisa menjual potongan jaringan 5G kepada konsumen yang menggunakan handset Android 5G.

(brl/red)