Cara menghapus cache Photoshop di Mac maupun Windows

Cara menghapus cache Photoshop di Mac maupun Windows

Techno.id - Photoshop besutan Adobe telah menjadi alat yang berharga bagi para fotografer dan seniman visual sejak pertama kali dirilis lebih dari 30 tahun lalu. Seperti halnya Google, kata Photoshop telah menjadi kata kerja yang telah digunakan sebagai kata yang mencakup semua fungsi umum perangkat lunak, dalam hal ini, manipulasi atau perubahan gambar digital.

Seiring dengan waktu dan penggunaan, gambar-gambar tersebut akan menghabiskan ruang penyimpanan yang dialokasikan program Photoshop untuk penggunaan cache. Akibatnya bisa memperlambat perangkat lunak dan berpotensi menyebabkan masalah yang bahkan dapat mencegah kamu menggunakan perangkat lunak tersebut. Berikut ini adalah cara menghapus kesalahan disk awal penuh yang dapat mencegah Photoshop untuk dibuka dengan benar.

Cara menghapus cache Photoshop di Mac maupun Windows foto: freepik/grinvalds

Untuk melakukannya di Mac, buka menu Edit dan pilih Purge. Dari sana, kamu memiliki empat opsi, Clipboard, Histories, All, dan Video Cache. Jika kamu memilih Clipboard atau Semua (All), kamu akan kehilangan data yang dipotong atau disalin. Jika memilih Histories, kamu tidak akan dapat menggunakan fungsi Urungkan untuk kembali ke pengeditan sebelumnya dalam proyek kamu.

Untuk perangkat Windows, buka menu Edit, di mana kamu akan menemukan entri Purge yang sama dan empat opsi. Ini akan menghapus cache program, tetapi Photoshop juga meninggalkan file sementara pada disk awal, yang dapat menghabiskan ruang penyimpanan yang berharga. Namun, kamu dapat mengalokasikan ruang baru untuk file-file ini dan menghapusnya dari drive.

Cara mengelola ruang disk awal Photoshop

Cara menghapus cache Photoshop di Mac maupun Windows foto: freepik/georgejmclittle

1. Untuk memilih lokasi baru untuk disk awal pada Mac, buka menu Photoshop 2023 dan pilih Settings, atau tekan command-K dan pilih Scratch Disks dari menu preferensi.

2. Kamu juga bisa mengakses menu preferensi dengan menahan tombol perintah dan opsi saat memulai Photoshop. Drive yang tersedia akan muncul dalam daftar, jadi cukup centang drive yang ingin kamu gunakan sebagai disk awal baru.

3. Jika kamu menggunakan Windows, buka Edit, pilih Preferensi, lalu buka Scratch Disks. Daftar drive yang tersedia juga akan muncul, di mana kamu bisa memilih drive scratch disk baru dan memulai ulang Photoshop.

4. Jika kesalahan scratch disk penuh mencegah Photoshop untuk dibuka, tahan tombol perintah dan opsi pada Mac (tombol CTRL + ALT pada Windows) untuk membuka dialog Preferensi dan menambahkan disk awal yang baru.

5. Kamu mungkin juga perlu menghapus file secara manual jika Photoshop masih tidak bisa dibuka. Pada Windows, buka setiap volume yang digunakan sebagai disk awal di File Explorer dengan menavigasi ke [DriveLetter]:Users[Nama Pengguna Kamu]:AppDataLocalTemp dan temukan file bernama "Photoshop Temp" yang diikuti serangkaian angka. Hapus file ini, dan kamu akan dapat membuka Photoshop lagi. Pada Mac, cari folder /tmp di Finder atau Spotlight, dan hapus semua file yang berakhiran .tmp.

(brl/red)