Cara membuat stiker WhatsApp sendiri di Android dan iPhone

Cara membuat stiker WhatsApp sendiri di Android dan iPhone

Techno.id - Stiker WhatsApp membuka cara baru untuk mengekspresikan diri dan berinteraksi di platform perpesanan. Tetapi bagaimana jika kamu ingin menggunakan stiker asli daripada set default? Berikut cara membuat stiker WhatsApp sendiri di smartphone.

Gunakan aplikasi pembuat stiker di Android dan iOS

Selain mengunduh stiker langsung dari WhatsApp, kamu dapat membuat stiker WhatsApp sendiri menggunakan aplikasi pembuat stiker. Aplikasi pihak ketiga ini tersedia di Google Play Store dan Apple Store.

Jika menggunakan Android, kamu mungkin ingin menggunakan salah satu aplikasi pembuat stiker terbaik untuk Android yakni Sticker Maker. Umumnya, aplikasi ini memungkinkan kamu memilih gambar dari galeri perangkat kamu, serta mengubah ukuran dan mengeditnya untuk menghapus elemen yang tidak diinginkan. Paket stiker ini kemudian dapat dimuat ke WhatsApp dan ditambahkan ke koleksi kamu.

Sticker Maker yang disebut Sticker Maker Studio di iOS adalah aplikasi pembuat stiker WhatsApp lintas platform gratis. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat stiker WhatsApp dengan Sticker Maker.

Cara membuat stiker WhatsApp sendiri di Android dan iPhone foto: play.google.com

1. Buka aplikasi dan ketuk tab Stiker saya. Kemudian, pilih Buat paket stiker baru.

2. Beri nama paket kamu dan isi nama kamu sebagai penulisnya.

3. Kamu kemudian dapat membuka paket yang dibuat dan menambahkan stiker ke dalamnya.

4. Klik salah satu kotak bernomor 1-30 untuk menambahkan stiker pertama kamu. Untuk membuat stiker dari foto, pilih Buka Galeri dan telusuri perpustakaan kamu untuk gambar yang ingin kamu gunakan.

5. Kamu kemudian dapat memilih bagian gambar yang ingin dibuat menjadi stiker. Smart Select berfungsi dengan baik untuk sebagian besar gambar dengan latar belakang transparan. Jika tidak, kamu harus menggunakan Select All atau selection tools yang lebih presisi di sebelah kanan.

6. Kamu dapat menambahkan teks dan garis luar berwarna sebelum mengklik Simpan Stiker.

7. Stiker akan ditambahkan ke paket. Kamu dapat menambahkan hingga 30 stiker dalam satu paket dengan mengklik kotak yang tersisa dan mengikuti proses yang sama.

8. Setelah selesai, pilih Tambahkan ke WhatsApp untuk mengirim paket ke WhatsApp. Dalam versi gratis, kamu akan diperlihatkan iklan sebelum dapat menambahkan paket.

Mengklik stiker akan menampilkan menu tempat kamu dapat mengubah emoji yang cocok dengan stiker tersebut. Kamu kemudian dapat menggunakan emoji ini untuk mencari stiker kamu di WhatsApp.

(brl/red)