Kolaborasi Indosat dan Tech Mahindra luncurkan CoE Lab, dorong percepatan transformasi digital

Kolaborasi Indosat dan Tech Mahindra luncurkan CoE Lab, dorong percepatan transformasi digital

Techno.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) berkolaborasi dengan Tech Mahindra meluncurkan Google Cloud Smart Analytics dan Center of Excellence (CoE) Lab di Jakarta. Kolaborasi yang didukung Google Cloud ini bertujuan untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia.

Nantinya CoE Lab bakal fokus pada pengembangan solusi inovatif dengan memanfaatkan teknologi generasi berikutnya seperti 5G, Edge Computing, Data Analytics, Internet of Things (IoT), Augmented Reality (AR), dan Virtual Reality (VR).

Lab ini akan menyediakan analitik cerdas untuk Communications Service Providers (CSP), yang memungkinkan mereka menghasilkan peluang pendapatan tambahan melalui pengalaman dan penawaran yang sangat dipersonalisasi sepanjang perjalanan pelanggan.

Hal ini juga akan memungkinkan perusahaan memigrasikan kumpulan data besar dengan aman dan mulus untuk memperkuat pengambilan keputusan di bidang-bidang seperti segmentasi pelanggan, pengukuran efektivitas pengalaman, dan pengurangan churn pelanggan, atau bahkan mengurangi waktu dan sumber daya yang terkait dengan pelatihan model machine learning (ML) dan artificial intelligence (AI) untuk aplikasi bisnis. CoE ini juga akan fokus untuk memenuhi kebutuhan bisnis pasar telekomunikasi dan enterprise di Asia Tenggara.

Kolaborasi Indosat dan Tech Mahindra luncurkan CoE Lab, dorong percepatan transformasi digital President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha saat peluncuran CoE Lab di Jakarta (foto: indosat)

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha memperlihatkan antusiasmenya ketika meluncurkan CoE lab. Menurutnya ini merupakan kolaborasi dua merek global yang menciptakan platform untuk use case baru yang dapat meningkatkan pengalaman pelanggan. Menurutnya Indosat dapat memanfaatkan lab ini untuk memperluas kemampuan dan manfaat bagi pelanggan enterprise.

Kolaborasi ini akan menggabungkan keahlian teknologi Tech Mahindra, ML Google Cloud dan kemampuan conversational AI di Dialogflow dan BigQuery, serta kekayaan intelektual (IP) Tech Mahindra dengan akselerator internal yang disesuaikan untuk membantu CSP melibatkan pelanggan mereka dengan lebih baik melalui pengalaman berbasis data, memodernisasi platform bisnis mereka, dan mencapai efisiensi operasional dari migrasi ke cloud data yang benar-benar terbuka. Ini akan memungkinkan pelanggan mempercepat perjalanan cloud data mereka saat mereka beralih ke masa depan yang mengutamakan digital.

Sementara Karan Bajwa, Vice President, Asia Pasifik, Google Cloud, mengatakan Smart Analytics dan CoE lab yang baru didirikan ini memanfaatkan keahlian bersama Google Cloud dan Tech Mahindra akan berfungsi sebagai katalis bagi perusahaan, menghilangkan silo data dengan cloud data terbuka, dan menerapkan analisis cloud dan AI canggih untuk meningkatkan interaksi pelanggan dan menangkap peluang pertumbuhan baru.

Lab ini akan membantu CSP dalam memanfaatkan teknologi 5G dan Edge Computing untuk mengembangkan produk, layanan, dan model bisnis baru yang akan mendorong pertumbuhan pendapatan sekaligus memungkinkan mereka untuk memonetisasi aset data jaringan signifikan mereka dengan lebih baik.

Peluncuran CoE lab ini sejalan dengan tujuan Indosat yang lebih besar untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia, dengan mempercepat transformasi digital di Indonesia.

(brl/red)