Jangan panik ketika semua ikon aplikasi hilang dari layar beranda iPhone, begini cara memperbaikinya

Jangan panik ketika semua ikon aplikasi hilang dari layar beranda iPhone, begini cara memperbaikinya

Cara mengatasi ikon aplikasi iPhone yang hilang

3. Atur ulang tata letak layar beranda

Jangan panik ketika semua ikon aplikasi hilang dari layar beranda iPhone, begini cara memperbaikinya foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Meskipun cara ini tidak selalu ideal, mengembalikan ke pengaturan default iPhone terkadang merupakan ide terbaik. Mengatur ulang tata letak Layar Utama iPhone akan menghapus semua folder dan widget khusus yang mungkin telah kamu tambahkan.

Melalui cara ini, kamu juga akan mengatur ulang semua aplikasi yang telah diinstal menurut abjad, serta menginstal ulang aplikasi default Apple yang mungkin telah kamu hapus. Berikut ini cara mengatur ulang tata letak Layar Utama di iOS.

1. Luncurkan aplikasi Pengaturan dan ketuk Umum.

2. Gulir ke bawah ke bagian bawah dan ketuk Transfer atau Atur Ulang iPhone.

3. Ketuk Atur Ulang dan pilih Atur Ulang Tata Letak Layar Utama dari menu pop-up yang muncul. Lalu untuk mengonfirmasi, ketuk Atur Ulang Layar Utama.

4. Mulai ulang iPhone

Jangan panik ketika semua ikon aplikasi hilang dari layar beranda iPhone, begini cara memperbaikinya foto: freepik/rawpixel

Boot ulang sistem akan mengakhiri semua proses latar belakang dan menghapus cache perangkat. Menghidupkan ulang ponsel cerdas dapat memperbaiki sebagian besar masalah, terutama gangguan terkait OS seperti ini.

Baik menggunakan model dengan ID Wajah atau tombol Home fisik, kamu dapat dengan mudah memulai ulang iPhone meskipun tombolnya rusak. Namun, tidak seperti Android, iOS tidak menawarkan opsi restart. Jadi, kamu harus mematikan dan menyalakannya kembali secara manual.

Semoga saja solusi pemecahan masalah di atas membantu mengembalikan ikon aplikasi kamu. Jika semuanya gagal, pilihan terbaik adalah mengatur ulang iPhone ke pengaturan pabrik. Meskipun langkah ini tidak ideal, namun cara ini akan mengembalikan iPhone ke kondisi default dan merupakan cara yang dapat menyelesaikan sebagian besar gangguan perangkat lunak.

(brl/red)