Jangan panik ketika semua ikon aplikasi hilang dari layar beranda iPhone, begini cara memperbaikinya

Jangan panik ketika semua ikon aplikasi hilang dari layar beranda iPhone, begini cara memperbaikinya

Techno.id - Sebagai pengguna iPhone, apakah kamu pernah mengalami masalah seluruh ikon aplikasi tiba-tiba hilang dari layar utama perangkat? Nah jika mengalami masalah tersebut, jangan langsung panik meski sangat menjengkelkan, apalagi jika kamu sedang terburu-buru untuk menggunakan iPhone.

Kondisi tersebut bisa saja disebabkan masalah penyimpanan yang tidak mencukupi atau gangguan perangkat lunak. Berikut beberapa opsi untuk mengatasi masalah tersebut dengan cepat.

1. Kosongkan ruang penyimpanan iPhone

Jangan panik ketika semua ikon aplikasi hilang dari layar beranda iPhone, begini cara memperbaikinya foto: freepik/rawpixel.com

Dalam banyak kasus, ikon aplikasi cenderung menghilang karena penyimpanan yang tidak memadai. Jika kamu mendapatkan pesan Penyimpanan iPhone Penuh, segera buka Pengaturan > Umum > Penyimpanan iPhone dan memeriksa berapa banyak penyimpanan kosong yang dimiliki perangkat kamu saat ini.

Sebagai patokan, sebaiknya kamu memiliki setidaknya 5GB penyimpanan kosong untuk memastikan tidak ada gangguan. Setelah membuka halaman Penyimpanan iPhone, kamu akan melihat berapa banyak penyimpanan yang digunakan setiap aplikasi.

Bukan juga aplikasi foto lalu hapus gambar atau video yang tidak lagi kamu perlukan. Sebagai alternatif, ada baiknya kamu menggunakan layanan penyimpanan awan seperti iCloud, Google Drive, atau Dropbox untuk menyimpan foto, video, dan dokumen untuk mengosongkan ruang penyimpanan fisik dan mengembalikan ikon aplikasi.

2. Periksa halaman layar beranda

Jangan panik ketika semua ikon aplikasi hilang dari layar beranda iPhone, begini cara memperbaikinya foto: freepik/grinvalds

Jika sering menggunakan mode Fokus untuk memaksimalkan produktivitas, kamu mungkin telah mengonfigurasinya untuk mengizinkan halaman Layar Beranda tertentu. Meskipun menyesuaikan Home Screen dan menyaring aplikasi yang menghambat produktivitas kamu bisa menjadi cara yang bagus untuk fokus pada tugas, cara ini juga bisa menjadi akar penyebab aplikasi menghilang. Jika kamu sedang menggunakan mode Fokus dan tidak dapat menemukan aplikasi, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka Pengaturan dan ketuk Fokus.

2. Pilih profil Fokus yang sedang kamu gunakan.

3. Kamu akan melihat dua pratinjau tampilan di bawah Sesuaikan Layar. Karena masalahnya terletak pada Layar Utama iPhone, ketuk Pilih di bawah opsi Layar Utama.

4. Periksa apakah kamu tidak sengaja membatalkan pilihan halaman Layar Utama yang menyimpan aplikasi yang hilang. Jika demikian, cukup pilih halaman tersebut.

(brl/red)