Cara mudah mengubah format dokumen menjadi PDF di Google Docs, tidak perlu aplikasi tambahan

Cara mudah mengubah format dokumen menjadi PDF di Google Docs, tidak perlu aplikasi tambahan

Techno.id - Sebagai salah satu perusahaan teknologi raksasa, Google selalu menyediakan beragam layanan yang dapat memudahkan urusan pengguna. Salah satunya Google Docs, layanan pengetikan dokumen yang dapat digunakan secara online. Google Docs memiliki tampilan yang hampir mirip dengan Microsoft Words di Windows. Karena kefamiliarannya inilah banyak yang tertarik menggunakan Google Docs.

Selain tampilan yang mudah digunakan, Google Docs juga dapat menyimpan tulisan secara otomatis. Sehingga tidak perlu khawatir dokumen tidak tersimpan jika Google Docs menutup secara tiba-tiba. Selain itu ada banyak fitur-fitur menarik di Google Docs yang tidak ditemukan di Microsoft Word. Salah satunya adalah fitur untuk mengubah format dokumen menjadi PDF.

Ada kalanya pengguna memerlukan dokumen untuk diubah menjadi format PDF agar lebih rapi atau agar dapat di submit ke beberapa tempat. Biasanya beberapa website ada yang memberikan layanan untuk mengubah format dokumen, namun tidak disangka Google Docs juga menyediakan layanan ini.

Techno.id telah merangkum cara mudah mengubah format dokumen menjadi PDF di Google Docs tanpa perlu menggunakan aplikasi atau web tambahan.

Cara mudah mengubah format dokumen menjadi PDF di Google Docs, tidak perlu aplikasi tambahan (Foto: google.com)

1. Buka Google Docs di browser Google Chrome atau Google Search.

2. Lalu pilih dokumen yang ingin diubah ke format PDF.

3. Tunggu sampai tampilan dokumen yang dipilih terbuka di layar.

4. Setelah itu, klik opsi cetak dokumen pada dasbor kiri atas dengan simbol printer. Bisa juga dengan langsung menekan Ctrl + P di keyboard.

5. Setelah keluar preview untuk mencetak, ubah destinasi menjadi save to PDF.

6. Lalu klik save.

7. Ubah nama file sesuai dengan keinginan, lalu klik save.

8. Setelah itu file PDF akan langsung tersimpan di perangkat komputer.

9. Apabila dokumen yang ingin diubah formatnya belum ada di Gdocs, upload terlebih dahulu dokumen tersebut di Google Drive lalu gunakan cara-cara di atas. Selamat mencoba.

Magang : Millenia Ramadita

(brl/red)