4 Cara mengatasi masalah baterai iPhone yang sering terkuras habis

4 Cara mengatasi masalah baterai iPhone yang sering terkuras habis

Techno.id - Seberapa apik pun kamu menggunakan smartphone, pada akhirnya, baterai perangkat akan mengalami penurunan kualitas. Sebab baterai adalah perangkat keras yang bersifat habis akibat pemakaian. Baterai iPhone misalnya, dapat bertahan setidaknya untuk 500 siklus pengisian daya penuh sebelum benar-benar habis. Seberapa cepat kamu melewati siklus tersebut tergantung pada penggunaan.

Namun ada cara yang dapat kamu lakukan untuk menghemat masa pakai baterai, seperti beralih ke mode daya rendah, menurunkan kecerahan layar, mengaktifkan mode pesawat, dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu coba untuk mengatasi masalah pengurasan baterai iPhone.

1. Periksa statistik baterai

4 Cara mengatasi masalah baterai iPhone yang sering terkuras habis foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Beberapa aplikasi dapat menjadi boros baterai, Untuk mengetahuinya, buka Pengaturan > Baterai, dan gulir ke bawah ke Penggunaan Baterai. Periksa aplikasi mana yang paling banyak menghabiskan daya baterai dalam 24 jam terakhir atau beberapa hari terakhir. Apakah ada aplikasi yang dapat kamu hapus dari ponsel atau yang jarang digunakan.

Ketuk daftar aplikasi untuk melihat bagaimana aplikasi tersebut menggunakan baterai. Biasanya aplikasi media sosial atau perpesanan seperti WhatsApp banyak menghabiskan baterai karena sering digunakan. WhatsApp dapat berjalan di layar dan di latar belakang sehinga bisa menyedot sedikitnya 37% konsumsi baterai.

Selain itu aplikasi mail biasanya menghabiskan banyak baterai di latar belakang, ubahlah seberapa sering iPhone kamu mengambil data baru. Caranya cukup buka Pengaturan > Mail > Akun > Ambil Data Baru. Kamu juga dapat mematikan pembaruan push server dari sini.

2. Periksa aktivitas aplikasi latar belakang

4 Cara mengatasi masalah baterai iPhone yang sering terkuras habis foto: unsplash/jizhidexiaohailang

Saat berada di Pengaturan, buka Umum > Penyegaran Aplikasi Latar Belakang. Di sini kamu dapat memeriksa aplikasi mana yang menggerogoti daya tahan baterai saat aplikasi tersebut tidak dibuka. Banyak aplikasi yang membajak WiFi untuk menyegarkan kontennya saat berjalan di latar belakang.

Untuk menghemat persentase baterai, kamu bisa mematikan Background App Refresh secara keseluruhan, atau lebih strategis lagi dengan memilih aplikasi mana saja yang diizinkan untuk melakukan penyegaran di latar belakang.

(brl/red)