Begini cara membatasi pengisian daya pada iPhone 15 hanya maksimal 80 persen  

Begini cara membatasi pengisian daya pada iPhone 15 hanya maksimal 80 persen  

Techno.id - Apple memperkenalkan fitur pengoptimalan pengisian daya baru pada iPhone 15 yang memungkinkan pengguna membatasi secara artifisial seberapa banyak baterai yang digunakan dalam proses pengisian daya. Mereka bisa membatasi pengisian daya pada kapasitas 80 persen.

Saat ini banyak ponsel pintar termasuk iPhone yang memungkinkan pengguna membatasi pengisian daya semalaman hingga sekitar 80-90 persen, lalu mengisi sedikit kapasitas terakhir sebelum melepaskan ponsel dari sambungan daya.

Cara ini seharusnya dapat meningkatkan masa pakai baterai internal, karena membiarkan ponsel tetap berada pada kondisi 100 persen dengan pengisi daya selama beberapa jam berturut-turut dapat berdampak buruk bagi kesehatan baterai.

Begini cara membatasi pengisian daya pada iPhone 15 hanya maksimal 80 persen foto: unsplash/daniel korpai

Apple kini melangkah lebih jauh pada seri iPhone 15, dengan opsi baru untuk mencegah semua pengisian daya melebihi 80 persen. Sebab, seri iPhone 15 menyertakan opsi Pengoptimalan Pengisian Daya baru yang tidak akan mengisi daya baterai melebihi 80 persen dalam kondisi apa pun, di samping fitur "Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan" yang telah tersedia sejak pembaruan iOS 13 pada tahun 2019.

Penjelasan Apple menyebutkan ketika pengguna memilih batas 80%, iPhone akan mengisi daya hingga sekitar 80 persen dan kemudian berhenti mengisi daya. Jika tingkat pengisian daya baterai turun hingga 75 persen, pengisian daya akan dilanjutkan hingga tingkat pengisian daya baterai mencapai sekitar 80 persen lagi.

Begini cara membatasi pengisian daya pada iPhone 15 hanya maksimal 80 persen foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Dengan 80 persen limit diaktifkan, iPhone akan mengisi daya hingga 100 persen untuk mempertahankan perkiraan tingkat pengisian daya baterai yang akurat. Jika tidak ingin menggunakan iPhone melewati kapasitas 80 persen, kamu hanya perlu beberapa detik untuk membalik sakelar. Buka aplikasi Pengaturan lalu navigasikan ke Baterai > Kesehatan Baterai & Pengisian Daya > Pengoptimalan Pengisian Daya. Kemudian, pilih saja batas 80 persen.

Setelah itu iPhone akan menghindari pengisian daya yang melebihi kapasitas 80 persen. Jika kamu ingin kembali ke pengisian daya default, buka menu yang sama dan pilih Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan. Kamu juga bisa memilih Tidak Ada agar iPhone mengisi daya hingga 100 persen.

(brl/red)