Menggunakan mode gelap bisa menghemat baterai ponsel, begini penjelasannya

Menggunakan mode gelap bisa menghemat baterai ponsel, begini penjelasannya

Techno.id - Selama ini sebagian orang beranggapan jika menggunakan mode gelap pada smartphone bisa mengemat penggunaan baterai. Namun sebenarnya tidak semua perangkat mendapatkan peningkatan penghematan baterai ketika menggunakan mode gelap.

Jika smartphone kamu memiliki layar OLED, menyalakan mode gelap, sama seperti mematikan banyak lampu di rumah. Keuntungan daya bersih bertambah seiring waktu. Tetapi tidak semua mode gelap itu sama.

Cara kerja mode gelap pada layar OLED

Menggunakan mode gelap bisa menghemat baterai ponsel, begini penjelasannya foto: unsplash/walling

Layar OLED berbeda dari layar LCD konvensional. Setiap piksel OLED menghasilkan cahayanya sendiri, sedangkan layar LCD menerangi semua piksel dari tepi. Piksel OLED yang berwarna hitam tidak membutuhkan daya baterai. Berbeda dengan layar LCD, yang menarik jumlah daya yang sama, baik saat menampilkan gambar serba putih maupun serba hitam.

Jadi, jika kamu memiliki wallpaper yang sepenuhnya hitam pada ponsel OLED, wallpaper tersebut hanya akan menerangi piksel yang diperlukan untuk membuat ikon dan teks, sementara membiarkan piksel latar belakang mati sepenuhnya.

Sementara mode gelap tidak akan menghemat daya baterai jika ponsel kamu menggunakan layar LCD. Perangkat seperti iPhone X, XS, dan XS Max dan yang lebih baru menggunakan layar OLED. Sedangkan iPhone XR, dan semua iPhone sebelum X, menggunakan LCD.

Sebagian besar ponsel Samsung yang lebih baru, terutama seri Galaxy S dan Note, menggunakan OLED. Begitu juga dengan sebagian besar perangkat Android dalam 3 tahun terakhir.

Manfaat lain mode gelap

Menggunakan mode gelap bisa menghemat baterai ponsel, begini penjelasannya foto: freepik

Selain menghemat daya baterai, ada juga manfaat lain dari penggunaan fitur mode gelap. Menyalakan ponsel dalam keadaan gelap dapat mengganggu kesehatan mata, terutama saat melihat halaman web putih atau aplikasi Google yang serba putih.

Selain itu menatap ponsel di ruangan yang gelap, mungkin tidak terlalu melelahkan untuk melihat layar yang sebagian besar gelap. Manfaat lainnya untuk beberapa orang lebih menyukai tampilan teks putih dengan latar belakang gelap.

Mode gelap adalah sebuah pilihan, dan hampir tidak pernah menjadi default untuk sebuah aplikasi atau perangkat. Namun, piksel gelap pada layar OLED dapat menghemat daya baterai.

(brl/red)