7 Cara menjaga kesehatan baterai laptop dan memperpanjang masa pakainya

7 Cara menjaga kesehatan baterai laptop dan memperpanjang masa pakainya

Techno.id - Semua baterai pada perangkat elektronik termasuk laptop pada akhirnya akan habis dan mengalami penurunan kapasitas seiring masa penggunaan. Apalagi saat ini hampir semua laptop modern menggunakan baterai lithium-ion yang akan menurun kemampuannya setelah digunakan.

Namun dengan perawatan yang benar dan melakukan beberapa tips dan trik yang tepat, kamu bisa memperpanjang masa pakainya. Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk menjaga kesehatan baterai laptop agar tetap dalam kondisi prima.

1. Hemat siklus baterai

7 Cara menjaga kesehatan baterai laptop dan memperpanjang masa pakainya foto: unsplash/panos sakalakis

Semua baterai laptop dibuat untuk menangani sejumlah siklus pengisian daya, biasanya sekitar 500 siklus penuh dan terkadang lebih. Pada dasarnya, siklus pengisian sama dengan satu pengosongan penuh hingga 0% dan kemudian pengisian ulang kembali hingga 100%.

Debit hingga 50% dan kemudian kembali ke 100% akan sama dengan setengah siklus. Seiring waktu, setiap siklus pengisian daya mengurangi kapasitas baterai dari spesifikasi desainnya, artinya semakin sedikit kamu mengurasnya, semakin lama masa pakai baterai.

Kamu dapat mulai dengan mengunjungi pengaturan daya laptop dan mempelajari cara kerja baterai dan pengaturan baterai apa yang harus diaktifkan. Juga, perhatikan mode hibernasi. Idealnya, kamu ingin laptop masuk ke mode hibernasi sebelum baterai benarbenar habis, serta selama waktu henti saat kamu tidak akan menggunakan laptop untuk sementara waktu.

Di Windows 11, misalnya, disarankan kamu mengaktifkan Penghemat Baterai. Mode ini dapat menyala secara otomatis saat laptop kamu mencapai masa pakai baterai 20%. Opsi ini akan secara otomatis memblokir aplikasi latar belakang, menjaga fitur agar tidak menyinkronkan atau mendorong pemberitahuan, menurunkan kecerahan layar, dan mengaktifkan berbagai perubahan lain yang akan menghemat baterai.

Untuk MacBook, pertimbangkan untuk mengaktifkan Power Nap di versi macOS sebelum Ventura sehingga kamu dapat menidurkan Mac tanpa khawatir melewatkan tugas penting, sehingga dapat menghemat lebih banyak masa pakai baterai.

Di macOS Ventura dan versi lebih baru, pengaturan daya telah berubah, misalnya, tidak ada lagi opsi Power Nap tetapi opsi dasar yang sama tetap ada. Aktifkan peralihan grafik otomatis, jika Mac kamu memiliki lebih dari satu sistem grafik, juga dapat membantu menghemat daya dengan beralih ke mode grafik yang lebih hemat energi dan lebih lambat saat melakukan tugas-tugas sederhana seperti pekerjaan berbasis teks di mana grafik tidak begitu penting.

Ada banyak perubahan manual yang dapat kamu lakukan. Kamu dapat mematikan hal-hal seperti penyimpanan cloud dan aplikasi perpesanan dengan aman yang mungkin berjalan di latar belakang. Kamu juga dapat mengurangi jumlah daya yang digunakan secara manual dengan mematikan Wi-Fi dan Bluetooth saat tidak menggunakannya, mematikan fitur opsional seperti lampu latar keyboard, dan secara umum mengurangi jumlah komponen yang habis.baterai. Baik Microsoft dan Apple memiliki panduan yang menjelaskan prosesnya lebih lanjut.

2. Tetap isi dayanya sedikit setiap saat

7 Cara menjaga kesehatan baterai laptop dan memperpanjang masa pakainya foto: freepik/goffkein

Berlawanan dengan beberapa rekomendasi, kamu tidak perlu mengosongkan baterai lithium-ion secara rutin sepenuhnya dan kemudian mengisinya kembali untuk mem-boot ulang atau mengkalibrasinya. Ini adalah praktik merusak yang sangat merugikan baterai.

Saat ini, perangkat modern dirancang untuk berhenti mengisi daya pada 100%, jadi tetap mencolokkannya tidak memengaruhi masa pakai baterai. Tetapi secara umum, hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk baterai lithium-ion adalah menghindari pengosongan di bawah 20%. Terakhir, jika kamu akan menyimpan laptop untuk waktu yang lama tanpa menggunakannya, kosongkan atau isi dayanya hingga 50% sebelum menyimpannya.

3. Hindari suhu ekstrim

7 Cara menjaga kesehatan baterai laptop dan memperpanjang masa pakainya foto: unsplash/andrew neel

Ketika baterai laptop menjadi terlalu panas, reaksi elektrokimia di dalamnya menjadi lebih cepat. Laptop yang terlalu panas tidak hanya dapat merusak bagian dalam baterai secara permanen, tetapi juga merusak baterai dengan serangkaian reaksi kimia yang tidak diperlukan tetapi juga menghabiskan masa pakai baterai.

Baterai lithium-ion saat ini tahan lama, tetapi hanya dapat menahan begitu banyak panas. Misalnya, jika kamu mengisi daya baterai dan mulai menjadi terlalu panas, mungkin karena CPU atau prosesor grafis bekerja keras atau lingkungan terlalu panas. Matikan perangkat dan keluarkan baterai jika memungkinkan. Istirahatlah agar bisa dingin, atau kamu bisa memindahkannya ke tempat dengan suhu lebih rendah.

Sebagian besar laptop modern memiliki baterai yang disegel, dalam hal ini mematikan mesin dan membiarkannya dingin sangat disarankan. Selain itu hindari menggunakan laptop di atas kasur karena akan menutup jalur ventilasi udara. Pastikan ventilasi dapat menarik udara dingin dan mengeluarkan udara panas.

Terakhir dan paling penting, hindari meletakkan laptop di tempat yang dapat menjadi panas seperti di dalam mobil saat siang hari. Atau di bawah jendela yang terkena sinar matahari langsung. Kondisi yang tidak biasa seperti ini dapat menyebabkan banyak kerusakan pada baterai dalam waktu singkat.

(brl/red)