7 Cara menjaga kesehatan baterai laptop dan memperpanjang masa pakainya

7 Cara menjaga kesehatan baterai laptop dan memperpanjang masa pakainya

7 Cara menjaga kesehatan baterai laptop

4. Biarkan charger terpasang tetapi tidak sepanjang waktu

7 Cara menjaga kesehatan baterai laptop dan memperpanjang masa pakainya foto: unsplash/bundo kim

Aman untuk membiarkan sebagian besar charger laptop modern tetap terpasang. Faktanya, sebagian besar laptop gaming bertenaga tinggi bekerja paling baik saat dicolokkan.

Aspek terpenting dari kesehatan baterai adalah siklus pengosongan. Baterai akan menurun seiring waktu saat kamu mengosongkan dan mengisinya kembali. Setiap kali kamu menjalankan aplikasi intensif seperti game, kamu dapat menjalankannya saat laptop dicolokkan untuk mengurangi jumlah siklus pengosongan pada baterai.

Jadi, jika kamu tidak menjalankan aplikasi yang intensif, sebaiknya biarkan charger laptop tetap terpasang selama waktu tersebut. Jika kamu hanya menangani tugas sehari-hari yang tidak menghabiskan banyak daya dengan cepat, seperti menjelajahi internet, kamu apat mengandalkan baterainya saja.

5. Unduh perangkat lunak untuk mendapatkan laporan kesehatan baterai

7 Cara menjaga kesehatan baterai laptop dan memperpanjang masa pakainya foto: batterycare

Mungkin sulit untuk mengetahui bagaimana kinerja baterai. Perangkat seperti iPhone dilengkapi dengan pengaturan perawatan baterai asli dan peringatan yang memberikan setidaknya beberapa informasi, tetapi diagnostik ini lebih sulit ditemukan di laptop kecuali kamu menginstalnya sendiri. Berikut adalah beberapa opsi aplikasi pemantau baterai laptop.

BatteryCare

Aplikasi ekstra ringan yang dirancang untuk komputer Windows ini akan memberikan pemberitahuan, pembacaan suhu CPU dan penyimpanan, pemantauan siklus pengosongan, dan banyak informasi praktis semuanya di satu tempat.

Monitor Baterai

Dibuat untuk mac OS, aplikasi ini menampilkan pengisian daya baterai dalam antarmuka yang ramah dengan info tentang kesehatan dan siklus baterai, peringatan, pembacaan suhu baterai, dan kapasitas total saat ini.

Jika tidak ingin mengunduh aplikasi khusus apa pun, kamu masih memiliki opsi yang tersedia. Misalnya, dapat membuka PowerShell di komputer Windows dan menjalankan perintah powercfg/batteryreport.

Salin atau seret ke jendela browser, dan kamu akan mendapatkan halaman dengan informasi lengkap tentang baterai kamu, termasuk penggunaan terbaru, jumlah siklus, riwayat penggunaan, dan lainnya.

6. Aktifkan mode penghemat daya

7 Cara menjaga kesehatan baterai laptop dan memperpanjang masa pakainya foto: unsplash/burst

Sistem operasi Windows 10 menyediakan mode penghemat baterai di bawah pengaturan dayanya. Jika kamu mengaktifkan mode penghemat baterai saat daya hampir habis, kamu akan dapat memperpanjang masa pakai baterai hingga kamu menemukan stopkontak listrik untuk mengisi daya. Dengan mengaktifkan mode penghemat baterai di komputer, kamu akan melindungi baterai dari kerusakan akibat membiarkannya mencapai daya 0%. Untuk macOS juga memiliki kemampuan serupa.

Mode kecerahan adaptif juga merupakan ide yang bagus untuk diaktifkan. Mode ini menyesuaikan kecerahan layar sesuai dengan cahaya sekitar untuk membantu menghemat masa pakai baterai saat kamu berada di tempat yang cukup terang. Kamu juga dapat mengaktifkan mode gelap laptop, yang menghemat energi dan juga mungkin lebih nyaman di mata. Opsi apa pun yang membantu kamu menghemat energi akan memperpanjang masa pakai baterai laptop.

7. Perbarui sistem operasi

7 Cara menjaga kesehatan baterai laptop dan memperpanjang masa pakainya foto: freepik/rawpixel.com

Untuk fungsionalitas yang optimal, kamu harus memperbarui perangkat lunak komputer secara konsisten. Saat pabrikan merilis pembaruan baru, pembaruan tersebut tidak hanya memiliki tambalan dan peningkatan, tetapi juga dapat membantu program berjalan lebih efisien, yang akan menghemat daya baterai.

Sistem operasi yang sama pada tambalan selanjutnya dapat menggunakan daya baterai yang jauh lebih sedikit, memberikan masa pakai baterai lebih lama tanpa mengubah apa pun. Jadi, tinjau OS kamu dan pertahankan mesin kamu dan baterainya pada pembaruan yang sehat.

(brl/red)