4 Cara mengetahui penyebab garis pada layar laptop, begini cara memperbaikinya

4 Cara mengetahui penyebab garis pada layar laptop, begini cara memperbaikinya

-

1. Perbarui driver

Jika masalahnya terletak pada driver video atau grafis, di laptop kamu, maka segera perbarui driver tersebut. Bisa juga driver tersebut sudah tidak kompatibel atau usang. Begini cara memperbaruinya.

Kunjungi situs web resmi pabrikan laptop kamu. Cari driver yang sesuai dengan laptop kamu, sesuaikan dengan sistem operasi yang terpasang di laptop kamu. Setelah ketemu, unduh driver grafis terbaru lalu instal. Setelah itu, reboot laptop kamu, kemudian periksa apakah masalah garis pada layar laptop sudah teratasi atau belum.

Yang perlu diingat jangan pernah mengunduh driver dari sumber yang tidak sah karena hal tersebut bisa menyebabkan masalah bug software.

4 Cara mengetahui penyebab garis pada layar laptop, begini cara memperbaikinya foto: freepik.com

2. Karena masalah software

Setelah driver grafis kamu update tetapi masih saja ada garis pada layar laptop, maka kamu bisa mengatasinya dengan beberapa langkah.

- Buka Control Panel dan buka Device Manager

- Saat jendela baru terbuka, temukan bagian Kartu Grafis.

- Selanjutnya, klik kanan pada driver grafis yang tersedia dan pilih Properties.

- Ada opsi untuk memutar kembali driver jika kamu menemukan kesalahan pada layar laptop setelah pembaruan.

3. Kesalahan resolusi layar

Kesalahan resolusi layar juga dapat menyebabkan garis pada layar laptop. Artinya hal tersebut disebabkan software. Cara memperbaikinya dengan masuk ke pengaturan tampilan. Klik kanan pada layar laptop, setelah muncul dialog baru, pilih Pengaturan Tampilan.

Setelah itu, jendela pengaturan Windows akan muncul di area tampilan. Nah di bagian bawah layar akan muncul menu resolusi. Ada beberapa opsi untuk resolusi layar laptop. Pilih resolusi dengan karakter yang direkomendasikan. Setelah dipilih, klik Keep Changes.

4 Cara mengetahui penyebab garis pada layar laptop, begini cara memperbaikinya foto: freepik.com

4. Masalah perangkat keras

Jika dengan berbagai cara yang terkait software sudah kamu lakukan tetapi garis pada layar masih tetap ada, kemungkinan besar masalahnya terletak pada perangkat keras. Bisa jadi karena konektor (kabel) pita yang menghubungkan layar laptop ke motherboard.

Karena layar laptop sering buka tutup, hal ini bisa menyebabkan kabel tersebut aus atau bahkan putus terutama di bagian engsel. Kondisi ini bisa menyebabkan garis pada layar.

Selain itu kamu juga memeriksa kondisi komponen internal laptop seperti RAM, kartu grafis (VGA), atau hard drive. Kamu dapat mencoba melepas RAM atau VGA (yang dapat dilepas) dan kemudian membersihkan bagian konektornya. Kamu bisa menggunakan penghapus pensil yang lunak. Bersihkan secara perlahan, setelah itu pasang kembali di tempatnya dengan benar.

(brl/red)