4 Cara mengetahui penyebab garis pada layar laptop, begini cara memperbaikinya

4 Cara mengetahui penyebab garis pada layar laptop, begini cara memperbaikinya

Techno.id - Kamu pernah mengalami ketika menggunakan laptop tiba-tiba muncul garis pada layar? Masalah tersebut bisa disebabkan perangkat lunak (hardware) atau perangkat keras (software).

Pada perangkat lunak bisa saja disebabkan driver yang tidak sesuai atau belum diupdate. Sementara pada perangkat keras bisa saja disebabkan RAM atau VGA yang bermasalah.

Tapi kamu jangan keburu panik. Sebelum memutuskan untuk diperbaiki di tempat service ada baiknya kamu periksa terlebih dahulu kondisi laptop kamu. Apakah penyebabnya karena software atau hardware. Untuk mengetahuinya, kamu buka pengaturan BIOS laptop.

Untuk masuk ke format BIOS, tiap laptop memiliki tombol khusus yang berbeda. Misalnya untuk Lenovo biasanya dengan menekan tombol fungsi (F) seperti F2 dan F3, bisa juga menggunakan tombol delete. Karena itu sebaiknya kamu ketahui dulu metode untuk masuk ek BIOS di laptop kamu.

Jika masalahnya terletak pada perangkat lunak, maka saat masuk ke BIOS garuis tersebut tidak akan terlihat. Tapi jika pada BIOS tetap ada garis, maka dipastikan masalahnya terletak pada hardware. Berikut techno.id rangkum cara menghilangkan garis pada layar laptop

Magang : Zadun Naja

(brl/red)