10 List command paling berguna di command prompt, bisa cek harddisk error

10 List command paling berguna di command prompt, bisa cek harddisk error

Techno.id - Command Prompt merupakan sebuah command-line interpreter pada sistem operasi, juga merupakan aplikasi yang terinstall secara langsung di Windows. Aplikasi ini kurang lebih sama dengan aplikasi semacam Linux Terminal, atau Command.com pada sistem operasi DOS.

Command Prompt memberikan pengguna kemampuan untuk melakukan hal tertentu berdasarkan perintah yang diberikan. Karena Command Prompt merupakan sebuah command-line interface, perintah tersebut berupa kata-kata yang diketikkan dalam command prompt. Kata-kata yang disebut command itu merupakan cara pengguna berinteraksi dan memberikan perintah kepada sistem operasi.

Penggunaan Command Prompt sangat bervariasi dari hal sederhana seperti mematikan komputer sampai pada hal yang cukup rumit seperti memindai komputer yang berada dalam satu jaringan lokal. Menggunakan Command Prompt dalam kebutuhan tertentu juga memberikan keuntungan di antaranya penggunaan yang lebih sederhana, kontrol yang lebih baik, proses yang lebih cepat dan lain sebagainya.

Command prompt dapat diakses melalui banyak cara. Pertama, melalui folder Windows System pada Start Menu. Kedua, melalui Run dengan cara mengetikkan cmd pada kolom run. Berikut Techno.id rangkum dari berbagai sumber 10 command paling berguna di command prompt.

1. Shutdown

10 List command paling berguna di command prompt, bisa cek harddisk error foto: screencapture

Seperti namanya, command ini digunakan untuk mematikan komputer. Selain itu, command ini juga dapat digunakan untuk restart ataupun log out. Untuk menggunakan command ini, pengguna dapat mengetikkan shutdown /s pada command prompt dan klik enter. Contoh: shutdown /s ataushutdown /a.

2. Tasklist

10 List command paling berguna di command prompt, bisa cek harddisk error foto: screencapture

Untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan, pengguna biasanya menggunakan task manager. Namun, pengguna juga dapat melihat aplikasi yang sedang berjalan dengan menggunakan command tasklist. Untuk menggunakan command ini, cukup ketikkan tasklist pada command prompt dan klik enter.

3. Format

10 List command paling berguna di command prompt, bisa cek harddisk error foto: screencapture

Command ini berguna untuk melakukan format pada harddisk, SSD, ataupun flash drive. Untuk menggunakan command ini, pengguna harus memasukkan command format [drive letter]: /fs:[filesystem] /q

Dalam penggunaannya, ganti [drive letter] dengan letter drive yang ingin diformat. Selain itu, gantu [filesytem] dengan filesytem yang diinginkan. Jadi, kurang lebih akan seperti ini,format f: /fs:NTFS /q atau format f: /fs:fat32 /q.

4. Ver

10 List command paling berguna di command prompt, bisa cek harddisk error foto: screen capture

Command ini digunakan untuk melihat versi Windows yang terinstall di PC ataupun laptop. Untuk menggunakan command ini, cukup ketikkan ver pada command prompt dan klik enter.

5. Systeminfo

10 List command paling berguna di command prompt, bisa cek harddisk error foto: screencapture

Command ini digunakan untuk melihat seluruh informasi terkait perangkat keras di komputer atau laptop. Hal tersebut seperti prosesor, RAM, dan lain sebagainya. Selain itu, command ini juga dapat melihat seluruh informasi terkait instalasi Windows. Hal itu semisal versi Windows yang terinstall, tanggal instalasi, dan lainnya. Untuk menggunakan command ini, ketikkan systeminfo pada command prompt dan klik enter.

Magang : Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)