Sekarang pengguna Windows 11 dapat menutup aplikasi secara paksa langsung dari taskbar

Sekarang pengguna Windows 11 dapat menutup aplikasi secara paksa langsung dari taskbar

Techno.id - Aplikasi yang mengalami atau freeze di Windows merupakan hal yang sering terjadi. Masalah ini dapat disebabkan karena beberapa faktor seperti hardware yang kurang kompatibel atau kapasitas RAM yang terbatas.

Freeze umumnya ditandai dengan aplikasi yang menunjukkan pop-up not responding. Aplikasi yang freeze tentunya sangat mengganggu. Dalam beberapa situasi, aplikasi tersebut bahkan tidak bisa ditutup melalui tombol X yang terletak pojok kanan atas Windows. Maka dari itu, aplikasi yang freeze perlu dipaksa untuk ditutup.

Istilah tersebut populer disebut forced closing. Untuk memaksa aplikasi menutup, pengguna harus melakukannya dengan task kill atau end task. Cara yang paling sederhana dan cukup populer tentu adalah menggunakan Task Manager.

Sekarang pengguna Windows 11 dapat menutup aplikasi secara paksa langsung dari taskbar foto: tomshardware

Untuk force close, pengguna harus melakukan beberapa langkah,termasuk saat membuka Task Manager saja. Namun kini Microsoft memberikan cara yang lebih sederhana untuk melakukan hal tersebut.

Dilansir dari blogs.windows, Microsoft memperkenalkan fitur yang memperbolehkan pengguna melakukan end-task secara langsung ketika melakukan klik kanan pada ikon aplikasi yang terdapat di taskbar. Fitur ini merupakan salah satu pembaruan yang dirilis Microsoft pada Windows Insider Preview Build 23430.

Dilansir dari tomshardware, fitur ini sepertinya sangat bagus dimiliki. Sebagai catatan fitur ini hanya tersedia secara preview di beberapa Windows Insider saja. Menurut tomshardware, fitur ini juga belum benar-benar optimal setelah mereka mencobanya. Namun kendati demikian, fitur ini sepertinya layak untuk ditunggu. Terlebih lagi karena simplisitas yang ditawarkan dari fitur ini.

Magang : Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)