5 Perbandingan Google Sheets dan Excel, mana yang lebih efisien dan cocok untuk analisis data?

5 Perbandingan Google Sheets dan Excel, mana yang lebih efisien dan cocok untuk analisis data?

Techno.id - Jika kamu sedang mencoba cari aplikasi spreadsheet, kemungkinan Google Sheets dan Microsoft Excel sudah ada dalam daftar opsi. Keduanya adalah tools spreadsheet yang paling populer dan banyak digunakan.

Apa saja perbedaan pada fitur, akses, biaya, kolaborasi, atau hal lainnya? Google Sheets, dengan platform berbasis cloud-nya, memiliki keunggulan aksesibilitas dari mana saja dengan koneksi internet. Dengan kata lain, kamu bisa mengakses dan mengedit spreadsheet kamu dengan mudah, baik saat kamu berada di kantor, di rumah, atau sedang bepergian. Fleksibilitas ini memberikan kemudahan dan memastikan kamu selalu memiliki versi terbaru dokumen kamu.

Sementara itu, Microsoft Excel, yang sudah lama menjadi 'pemimpin' dalam dunia spreadsheet, terkenal dengan fitur-fitur lengkap dan kemampuan canggihnya. Dengan Excel, kamu memiliki berbagai fungsi, formula, dan alat analisis data yang memungkinkan kamu melakukan perhitungan yang kompleks, visualisasi data, dan membuat laporan yang rumit. Excel lebih disukai oleh para profesional yang bekerja dengan kumpulan data besar dan model keuangan yang kompleks.

Lalu pada akhirnya siapa yang menjadi pemenangnya? untuk mengetahui lebih detail, berikut techno.id telah merangkum dari digitaltrends pada Jumat (2/6), 5 Perbandingan Google Sheets dan Excel, mana yang lebih efisien dan cocok untuk analisis data?


(brl/guf)