Microsoft rilis aplikasi backup untuk Windows 11, beri kemudahan pengguna beralih ke komputer baru

Microsoft rilis aplikasi backup untuk Windows 11, beri kemudahan pengguna beralih ke komputer baru

Techno.id - Microsoft merilis aplikasi Windows Backup untuk Windows 11. Aplikasi yang merupakan bagian dari Windows 11 Build 23466 ini memungkinkan pengguna berpindah ke perangkat atau PC baru dengan lebih mudah.

Dilansir dari blogs.windows, aplikasi ini dibangun berdasarkan fitur app restore yang dirilis tahun lalu. Aplikasi ini akan meningkatkan kemampuan backup and restore tambahan untuk Windwos 11.

Windows backup dirancang untuk menyimpan aplikasi dan data pengguna di cloud storage. Melansir dari notebookcheck, hal ini seperti file, folder, aplikasi yang terinstall, dokumen, foto, dan juga kredensial seperti password dan settings.

Data yang di-backup tersebut disimpan secara Cloud di OneDrive. Karena itu, aplikasi ini sangat berkaitan erat dengan akun Microsoft masing-masing pengguna.

Microsoft rilis aplikasi backup untuk Windows 11, beri kemudahan pengguna beralih ke komputer baru foto: microsoft

Namun Windows backup tidak dirancang untuk menyalin seluruh data dari PC pengguna. Dilansir dari pureinfotech, aplikasi ini bekerja dengan menyimpan aplikasi apa saja yang diinstall pengguna di PC mereka beserta dengan konfigurasi yang mereka lakukan.

Ketika pengguna berpindah ke PC baru, masuk dengan akun microsoft dan memulihkan data mereka. Windows Backup secara otomatis akan mengunduh aplikasi-aplikasi tersebut dan meniru konfigurasi yang diatur pengguna di PC sebelumnya.

Jadi, pada dasarnya seperti membuat salinan. Pengguna juga tetap dapat mengatur hal apa saja yang ingin dan tidak ingin di-backup.

Aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan awal karena itu masih memiliki keterbatasan. Tidak seluruh setting dan tipe aplikasi didukung build ini. Hal tersebut meliputi aplikasi desktop di dalam Microsoft Store dan juga aplikasi Android. Selain itu, Windows Backup belum mendukung pada akun pekerjaan dan atau akun sekolah.

Magang: Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)