Tingkatkan fleksibilitas saat buka jendela aplikasi, berikut 5 fitur pembaruan Moment 3 Windows 11

Tingkatkan fleksibilitas saat buka jendela aplikasi, berikut 5 fitur pembaruan Moment 3 Windows 11

Techno.id - Windows 11 adalah sistem operasi terbaru yang dikembangkan Microsoft. Sistem operasi ini mendapatkan respons positif. Karena itu Microsoft terus memperbarui dan mengoptimalkan Windows 11 berdasarkan umpan balik pengguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan memastikan sistem operasi ini sukses di pasaran. Pembaruan yang dihadirkan Microsoft setiap perilisannya dinamai dengan Moment, lalu ditambahkan nomor angka sesuai urutannya.

Pembaruan fitur terbaru dari Microsoft untuk Windows 11 kini telah diluncurkan. Di dalamnya terdapat beberapa perubahan yang cukup signifikan untuk kenyamanan pengguna dalam menjalankan Windows.

Diberi nama Moment 3, pembaruan ini membawa fitur yang telah lama diminta dan perbaikan yang meningkatkan kualitas penggunaan oleh para penggunanya, sehingga membuatnya layak diinstal segera. Apa saja detail yang dibawa Moment 3? Berikut techno.id telah merangkum pembaruan Moment 3 untuk Windows 11 yang dikutip dari techradar, Kamis (1/6).

Tingkatkan fleksibilitas saat buka jendela aplikasi, berikut 5 fitur pembaruan Moment 3 Windows 11 foto: support.microsoft.com

1. Perbaikan notifikasi dan taskbar

Pengguna Windows akan menemukan beberapa perbaikan pada taskbar, seperti ikon jaringan yang akan menunjukkan koneksi VPN aktif dengan ikon kunci kecil. Ini akan membantu saat pengguna sering lupa apakah VPN sudah aktif atau tidak.

Namun, perlu diingat bahwa ikon ini hanya akan muncul ketika pengguna menggunakan koneksi VPN 'asli' yang diatur di aplikasi pengaturan, dan tidak akan muncul jika pengguna menggunakan aplikasi VPN pihak ketiga.

Selain itu perbaikan dalam pembaruan Moment 3 adalah jam taskbar yang diperbarui, karena sekarang jam dapat menampilkan detik. Perubahan yang paling membantu pada bagian notifikasi adalah kemampuan untuk menyalin kode otentikasi dua faktor dari pemberitahuan desktop dengan sekali klik.

Fitur ini sudah ada di Android dan iOS, tentu sebuah peningkatan saat Microsoft akhirnya membawanya ke sistem operasi desktop. Jadi tidak perlu lagi membuka email hanya untuk menyalin beberapa angka.

2. Peningkatan papan Widget

Tidak banyak pembaruan untuk Widget di Moment 3. Peningkatannya di sini seperti pemilih widget yang diperbarui sehingga pengguna dapat melihat pratinjau widget sebelum memasangnya di papan. Hal ini memudahkan pengguna untuk sedikit detail dalam merancang tampilan papan widget kita. Setidaknya sekarang pengguna dapat merencanakan tata letak papan pengguna dengan baik daripada mengetahui setelah widget ditempatkan bahwa itu mengacaukan tata letak widget pengguna.

Pembaruan pada widget ini memberikan pengguna sedikit kebebasan kreatif saat menyusun ruangnya, dan mungkin memberi ruang bagi perubahan yang lebih besar pada Widget Windows di masa depan seiring dengan hadirnya pembaruan lebih lanjut.

3. Fitur baru di Task

Task Manager sekarang mendukung live kernel memory dump, sebuah fitur untuk mengumpulkan data guna memecahkan masalah di latar belakang sementara sistem operasi tetap berjalan. Mungkin hal ini tidak begitu berarti bagi pengguna biasa, tetapi jika pengguna seorang pengembang yang perlu menyelidiki aplikasi yang tidak responsif atau mencari sumber masalah lainnya, ini merupakan penambahan yang cukup berguna.

Setelah pengguna menginstal pembaruan tersebut, pengguna dapat membuat live kernel memory dump dengan membuka Task Manager dan mengklik kanan pada Proses Sistem, di mana pengguna akan menemukan opsi 'create live kernel memory dump file.

4. Perubahan menu pengaturan

Bagi pengguna yang sering membuka banyak tab dan melakukan banyak tugas sekaligus, Snap Assist sekarang diperkuat untuk membantu pengguna mengelola banyak tab yang terbuka.

Biasanya, pengguna dapat menekan Alt + Tab atau memicu Snap Assist dengan menyeret jendela ke bagian atas layar, dan pengguna dapat membagi layar menjadi maksimal empat tab. Tetapi dengan Moment 3, sekarang pengguna dapat pergi ke bagian baru dari menu Pengaturan dan memilih antara tiga, lima, dan 20 tab. Keluhan pengguna telah didengar, dan banyaknya tab yang pengguna buka adalah valid.

Aplikasi pengaturan juga memiliki bagian baru yang didedikasikan untuk semua langganan OneDrive pengguna dan penjelasan yang lebih baik tentang konten yang tersimpan di setiap langganan. Ini tentu akan berguna bagi pengguna penyimpanan cloud untuk melacak file pengguna, membantu pengguna mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang sebenarnya menghabiskan kapasitas cloud pengguna.

5. Wallpapear bonus

Terdapat bonus dalam pembaruan Moment 3. Wallpaper ini menampilkan pola berputar dengan nuansa warna merah muda, magenta, dan ungu, dan terlihat sangat menarik dalam versi yang lebih gelap. wallpaper baru ini melambangkan era baru bagi Windows 11 yang membawa kesan estetika yang positif.

(brl/red)