AMD berkongsi dengan Microsoft kembangkan prosesor AI untuk bersaing dengan Nvidia

AMD berkongsi dengan Microsoft kembangkan prosesor AI untuk bersaing dengan Nvidia

Techno.id - AMD dan Microsoft bekerjasama dalam pengembangan artificial intelligence (AI) developer tools untuk Windows 11. Dilansir dari laman community.amd, AMD menyediakan akses awal perangkat lunak Ryzen AI untuk pengembang Windows. Perangkat lunak ini nantinya akan memberikan keuntungan bagi peneliti dan pengembang AI. Sementara Microsoft menyediakan sumber daya teknik untuk mendukung pengembangan AMD.

Dengan adanya perangkat lunak ini para peneliti dan pengembang AI dapat menjalankan beban kerja AI di beberapa prosesor AMD Ryzen seri 7040. Ryzen AI ini dirancang untuk mendukung aplikasi atau program yang membutuhkan AI untuk bekerja. AMD Ryzen AI dirancang untuk mendukung upaya Microsoft mengintegrasikan AI di ekosistem Windows.

AMD memberikan contoh dari hal tersebut dengan Windows Studio Effect yang mendukung penggunaan AMD Ryzen AI. Melansir dari laman resmi AMD, Windows Studio Effect terdiri dari tiga fitur yaitu automatic framing, eye contact correction, dan advanced backgroud effect.

AMD berkongsi dengan Microsoft kembangkan prosesor AI untuk bersaing dengan Nvidia foto: freepik.com/svstudioart

Menurut AMD, Windows Studio Effect membutuhkan sebuah neural processing unit (NPU) seperti AMD Ryzen AI untuk dapat bekerja. Maka dari itu, integrasi ini tentunya akan sangat berguna. Fitur ini akan tersedia pada laptop dengan prosesor pada AMD Ryzen seri 7040 yang dilengkapi Ryzen AI.

Sekadar informasi, AMD Ryzen seri 7040 dirilis April lalu. Seri prosesor terbaru dari AMD ini dirancang berdasarkan arsitektur Zen 4. Beberapa prosesor dari seri ini memiliki sebuah AI Engine di dalamnya.

Magang: Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)