Centang biru Facebook dan Instagram bakal berbayar, ini akun yang terkena dampaknya

Centang biru Facebook dan Instagram bakal berbayar, ini akun yang terkena dampaknya

Facebook dan Instagram berbayar

Melansir dari Insider, Meta Verified akan mencakup peningkatan visibilitas dan jangkauan seperti pencarian dan rekomendasi. Nantinya, pengguna akan memakai ID pemerintah seseorang untuk melakukan verifikasi yang digunakan oleh pengguna.

Seperti diketahui, akun terverifikasi atau lebih dikenal dengan sebagai centang biru Meta biasanya untuk diberikan pada sejumlah publik figur terkenal. Mulai dari politisi, anggota pers, organisasi, sampai tokoh publik seperti artis dan musisi.

Agar mendapatkan centang biru Facebook maupun Instagram, pengguna dikenakan tarif langganan sebesar:

- Web: USD 11,99 atau setara Rp 182 ribu per bulan
- Android atau iOS: USD 14,99 atau setara Rp 228 ribu per bulan

Centang biru Facebook dan Instagram bakal berbayar, ini akun yang terkena dampaknya

foto: Pexels.com

Fitur layanan verified dari Meta ini masih dalam tahap uji coba terbatas di Australia dan Selandia Baru pada pekan ini. Nantinya, Meta akan meluncur fitur berbayar ini ke berbagai negara lain.

Meta juga memastikan bahwa publik figur dan yang lain yang telah diverifikasi tidak akan terpengaruh dengan adanya aturan baru ini. Meta menegaskan bahwa fitur Verified ditujukan untuk influencer dan mereka yang menggunakan media sosial untuk bisnis, tetapi bukan tokoh masyarakat terkenal.

"Jangka panjang, kami ingin membuat penawaran berlangganan yang bermanfaat bagi semua orang, termasuk pembuat konten, bisnis, dan komunitas kami secara luas. Sebagai bagian dari visi ini, kami mengembangkan arti dari lencana terverifikasi sehingga kami dapat memperluas akses ke verifikasi dan lebih banyak orang dapat mempercayai bahwa akun yang berinteraksi dengan mereka adalah asli," kata pihak Facebook yang dihimpun techno.id dari laman resminya.

(brl/guf)