Centang biru Facebook dan Instagram bakal berbayar, ini akun yang terkena dampaknya

Centang biru Facebook dan Instagram bakal berbayar, ini akun yang terkena dampaknya

Techno.id - Setelah Twitter membuat versi berbayar, kali ini langkah tersebut diikuti oleh Meta. Pelopor teknologi digital besutan Mark Zuckerberg ini bakal menerapkan centang biru berbayar untuk Facebook dan Instagram. Rencana ini telah diumumkan sendiri oleh CEO Meta, melalui akun Facebooknya.

"Selamat pagi dan pengumuman produk baru: Minggu ini kami mulai meluncurkan Meta Verified - layanan berlangganan yang memungkinkan Anda memverifikasi akun dengan KTP, mendapatkan lencana biru, mendapatkan perlindungan peniruan ekstra terhadap akun yang mengaku sebagai Anda, dan dapatkan akses langsung ke dukungan pelanggan," tulis Zuck di akun media sosialnya.

Lantas bagaimana kejelasan mengenai penerapan layanan berbayar dari Meta ini? Berikut techno.id sajikan fakta centang biru Facebook dan Instagram berbayar, yang dihimpun dari berbagai sumber, pada Senin (20/2).

CEO Meta, Zuckerbergmenjelaskan bahwa alasan mengenai pengenaan biaya tersebut adalah adanya peningkatan keaslian serta keamanan dalam platform yang dikembangkannya. "Fitur baru ini adalah mengenai meningkatkan keaslian dan keamanan di seluruh layanan kami," tandasnya.

Juru bicara dari Meta mengungkapkan bahwa langganan tersebut akan melindungi pengguna pada peniruan identitas. Kemudian terdapat syarat yang harus dipenuhi, seperti pengguna harus berusia 18 tahun, memenuhi persyaratan aktivitas akun minimum dan mengirimkan ID pemerintah yang cocok dengan nama dan foto profil pengguna. Kemudian, ia juga menjelaskan bahwa layanan berlangganan mencakup soal pemantauan proaktif untuk peniruan akun.


(brl/guf)