Apakah Discord aman untuk digunakan? Inilah yang perlu kamu ketahui

Apakah Discord aman untuk digunakan? Inilah yang perlu kamu ketahui

Apakah Discord aman digunakan?

Sisi buruknya, bot, scammer, pengumpulan data

Apakah Discord aman untuk digunakan? Inilah yang perlu kamu ketahui foto: freepik

Seperti platform apa pun yang menghosting konten buatan pengguna, di Discord kemungkinan besar kamu akan menemukan konten yang tidak ingin dilihat. Ini tidak bisa dihindari, dan belum tentu menjadi masalah besar, tetapi perlu dicatat bahwa Discord juga popular di kalangan anak-anak.

Plarform ini memang mengharuskan pengguna berusia minimal 13 tahun, tetapi usia tidak benar-benar diverifikasi saat mendaftar. Ini tentu saja sesuatu yang harus diperhatikan orang tua, karena aplikasi ini tidak menawarkan kontrol orang tua.

Demikian pula, dengan jumlah pengguna yang begitu banyak, Discord juga menjadi rumah bagi scammer, spammer, dan semua jenis penjahat dunia maya. Bagaimanapun, kamu harus sangat berhati-hati saat membuka tautan dan file di Discord, meskipun tampaknya sah-sah saja.

Selain itu, perhatikan bot dan pesan spam otomatis di kotak masuk kamu. Sebab pelaku kejahatan bisa mengeksploitasi Discord untuk mendistribusikan malware, terlibat dalam upaya phishing, dan menipu orang lain.

Lalu ada juga kekhawatiran tentang privasi data. Apakah Discord menjaga keamanan data kamu? Menurut kebijakan privasinya, memang demikian, tetapi juga merekam "konten apa pun yang kamu unggah ke layanan." Discord sebenarnya mengubah kebijakan privasinya pada Maret 2023, yang menyebabkan kegemparan di dunia game, dengan beberapa orang bertanya-tanya apakah aplikasi tersebut merekam obrolan video dan suara mereka. Seperti yang dilaporkan PC Gamer pada saat itu, semua tanggapan Discord adalah tidak merekam konten pengguna "tanpa sepengetahuan mereka."

Cara tetap aman di Discord

Apakah Discord aman untuk digunakan? Inilah yang perlu kamu ketahui foto: freepik/gm23dqueen

Saat kamu mempelajari tentang potensi bahaya yang terkait Discord, menjadi lebih mudah untuk mengetahui cara tetap aman. Berikut adalah daftar tips yang akan membantu kamu melindungi diri sendiri.

1. Gunakan kata sandi yang kuat dan siapkan autentikasi dua faktor.

2. Tinjau dan sesuaikan pengaturan privasi kamu.

3. Selektif tentang komunitas yang kamu ikuti.

4. Hindari berbagi informasi pribadi dan detail sensitif lainnya.

5. Periksa kembali semua tautan dan file sebelum membukanya.

6. Jangan menerima permintaan pertemanan dari orang asing, dan blokir orang yang berperilaku tidak pantas.

7. Hindari menggunakan aplikasi dan ekstensi pihak ketiga, tetap gunakan produk Discord asli.

8. Laporkan pengguna yang mencurigakan ke moderator server atau tim dukungan Discord.

9. Selalu perbarui klien dan aplikasi Discord kamu.

Intinya, Discord adalah tempat yang sangat menyenangkan, tetapi juga bisa berbahaya. Malware, phishing, penipuan, dan penindasan maya terlalu umum di platform ini, jadi kamu harus berhati-hati dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi diri sendiri.

(brl/red)