5 Fakta Discord, aplikasi yang menguak kasus perselingkuhan oknum pilot dan pramugari

5 Fakta Discord, aplikasi yang menguak kasus perselingkuhan oknum pilot dan pramugari

Techno.id - Belakangan di media sosial ramai dibicarakan kasus dugaan perselingkuhan yang melibatkan oknum pilot dan pramugari. Kasus ini mencuat setelah istri sang pilot, Ira Nandha yang tak lain adalah seleb TikTok membongkar perilaku suaminya lewat unggahan di Instagram pribadinya, @iranndha, Jumat (29/12/2023).

Ira pun membongkar sejumlah chat mesra bukti perselingkuhan sang suami dengan pramugari tersebut. Menariknya, sang suami menggunakan aplikasi Discord untuk chat dengan selingkuhannya itu. Lantas apa itu aplikasi Discord? Berikut beberapa fakta mengenai aplikasi ini.

1. Aplikasi untuk gamer

5 Fakta Discord, aplikasi yang menguak kasus perselingkuhan oknum pilot dan pramugari foto: freepik/lifestylememory

Discord diperkenalkan pada tahun 2015 oleh Jason Citron, seorang pemain video game dan pemrogram komputer. Saat itu, studio pengembangan game Citron sedang berjuang untuk menemukan daya tarik, jadi dia membuat aplikasi obrolan yang dapat digunakan para gamer untuk berkomunikasi satu sama lain saat bermain game.

Discord pun mendapatkan popularitas di kalangan gamer. Tetapi karena telah menjadi salah satu arus utama media soaial, aplikasi ini pun mulai menimbulkan sejumlah kontroversi selama beberapa tahun terakhir. Discord awalnya dimulai dengan diskusi tentang strategi permainan. Namun penggunaan aplikasi ini terus berkembang.

2. Sebagai tempat nongkrong online

5 Fakta Discord, aplikasi yang menguak kasus perselingkuhan oknum pilot dan pramugari foto: freepik/mteerapat

Discord awalnya sebagai tempat nongkrong online untuk para gamer dan alat sosial. Aplikasi ini pun berkembang pesat selama pandemi Covid-19 sebagai forum bagi sebagian besar penggunanya yang berusia 18 hingga 24 tahun untuk bergosip atau bahkan saling membantu mengerjakan pekerjaan rumah.

Pengguna dapat membuat atau bergabung dengan "server" baik publik maupun pribadi, tempat orang dapat bertemu dan bergaul, mengobrol melalui teks, video, atau suara. Server "hanya undangan" pribadi juga dapat dibuat. Setiap server dapat dipecah menjadi saluran untuk topik tertentu.

3. Dikunjungi ratusan juta pengguna

5 Fakta Discord, aplikasi yang menguak kasus perselingkuhan oknum pilot dan pramugari foto: freepik

Lebih dari 150 juta orang mengunjungi Discord setiap bulan. Perusahaan ini menghosting 21.000 server di mana sebagian besar didedikasikan untuk bermain game dengan server lain yang berfokus pada topik seperti hiburan dan musik.

4. Popular di kalangan pria berusia 18-24 tahun

5 Fakta Discord, aplikasi yang menguak kasus perselingkuhan oknum pilot dan pramugari foto: freepik

Menurut platform intelijen digital, Similarweb, sekitar 38% pengguna web Discord dan hampir setengah dari pengguna aplikasi Android berasal dari Generasi Z. Sekitar 75% pengguna adalah laki-laki yang berusia antara 18 hingga 24 tahun. Ini adalah platform yang "sepenuhnya anonim". Pengguna dapat dengan mudah membuat nama secara acak dan membuat identitas palsu.

5. Belakangan menjadi aplikasi yang banyak digunakan untuk melakukan kecurangan

5 Fakta Discord, aplikasi yang menguak kasus perselingkuhan oknum pilot dan pramugari foto: freepik/eyeem

Discord, yang awalnya dibuat untuk para gamer sebagai platform komunikasi, dengan cepat berkembang menjadi lebih dari sekadar aplikasi obrolan suara dan teks. Meskipun tetap populer di kalangan komunitas game, Discord telah menemukan jalannya ke berbagai domain lain, seperti pendidikan, bisnis, termasuk untuk melakukan aksi kecurangan.

Ya, Discord telah menjadi platform yang digunakan beberapa individu untuk tujuan curang. Faktor ini muncul disebabkan kemudahan penggunaan, aksesibilitas, dan berbagai fitur Discord yang mengakibatkan aplikasi ini menarik bagi mereka yang cenderung curang.

Penggunaannya pun menjadi semakin umum. Di lingkungan akademik, banyak siswa mencari keuntungan dengan curang saat ujian, kuis, dan tugas.

Selain itu, kemampuan obrolan suara Discord telah menjadikannya platform masuk untuk menyontek dalam game kompetitif online, di mana pemain dapat dengan mudah mengomunikasikan strategi dan berbagi informasi penting dalam game secara diam-diam.

(brl/red)