Apakah Discord aman untuk digunakan? Inilah yang perlu kamu ketahui

Apakah Discord aman untuk digunakan? Inilah yang perlu kamu ketahui

Techno.id - Jejaring sosial bermunculan pada awal internet mulai marak digunakan, tetapi konsepnya bisa dibilang benar-benar lepas landas pada tahun 2004, ketika Facebook diluncurkan. Munculnya smartphone semakin mempercepat pertumbuhan media sosial, dengan platform baru bermunculan di kiri dan kanan.

Hampir semua orang mengenal Facebook, Instagram, dan X (Twitter), tetapi tidak semua orang mengetahui Discord. Dengan beberapa ratus juta pengguna, platform ini tentu saja merupakan jejaring sosial yang patut diperhatikan. Apalagi belakangan, Discord yang awalnya sebagai jejairng sosial untuk para gamer, belakangan memunculkan sejumlah kontroversi.

Tapi sebenarnya apa itu Discord dan lebih penting lagi, apakah aman untuk digunakan? Diluncurkan pada tahun 2015, Discord dirancang sebagai platform komunikasi instan untuk para gamer. Platform ini dengan cepat mendapatkan popularitas di komunitas game, karena jauh lebih ringan dan lebih mudah digunakan daripada produk serupa lainnya. Sejak itu, Discord berkembang menjadi jejaring sosial serbaguna, menjadi rumah bagi semua jenis komunitas yang disebut Server.

Apakah Discord aman untuk digunakan? Inilah yang perlu kamu ketahui foto: freepik/rawpixel.com

Saat ini, Discord tersedia di Windows, macOS, Android, iOS, dan Linux. Platform ini juga berjalan di browser web, yang berarti hampir semua orang dapat menggunakannya, apa pun perangkat dan sistem operasinya. Menariknya, platform ini juga gratis, tetapi menawarkan layanan berlangganan yang memungkinkan pengguna mengirim file yang lebih besar, menggunakan emoji dan stiker yang berbeda, dan sejenisnya.

Ada jutaan komunitas di Discord, yang tidak mengherankan karena setiap orang dapat membuat server mereka sendiri dalam hitungan menit. Jika kamu ingin berbicara dengan sesama penggemar tim olahraga favorit, mendiskusikan perkembangan terkini di dunia politik, atau mengobrol tentang band favorit mungkin ada server yang sesuai dengan minat kamu.

Server dapat bersifat publik atau pribadi, dan semuanya memiliki aturan dan moderatornya sendiri. Jadi, pada dasarnya, Discord adalah persilangan antara Reddit dan messenger jadul seperti MSN Messenger. Plus, memiliki banyak fitur keren dan modern, memungkinkan pengguna beralih antara pesan teks, suara, dan obrolan video sesuka mereka.

Apakah Discord aman?

Apakah Discord aman untuk digunakan? Inilah yang perlu kamu ketahui foto: freepik/inkdrop

Jejaring sosial tidak memiliki reputasi yang baik dalam hal keamanan dan privasi. Menjadi apa adanya, Discord jauh lebih aman dan lebih pribadi daripada Facebook. Tapi itu bukan tanpa kekurangan.

Sisi baiknya, otomatisasi, moderasi, penyesuaian

Saat pertama kali mendaftar Discord, kamu perlu mengatur kata sandi, dan memberikan alamat email yang valid. Penghalang untuk masuk ini, meskipun kelihatannya tidak signifikan, berguna untuk mengurangi spam.

Selain itu, Discord memiliki sistem otomatis yang mendeteksi dan menghapus konten yang tidak pantas, atau apa pun yang melanggar pedomannya.

Seperti disebutkan sebelumnya, semua server menerapkan aturannya sendiri, tetapi penting untuk menunjukkan bahwa moderator memiliki akses ke banyak alat yang mempermudah pekerjaan mereka. Ada juga banyak bot yang dapat digunakan moderator dan admin, yang tentunya memungkinkan mereka mengelola komunitas dengan lebih efisien.

Namun tidak semuanya tergantung pada moderator komunitas dan kecerdasan buatan. Discord juga memiliki tim Trust & Safety khusus yang menangani masalah terkait pelecehan, bullying, kejahatan dunia maya, dan sebagainya. Namun, dengan jutaan orang yang menggunakan Discord, tim ini berfokus terutama pada konten ekstremis dan materi eksplisit non-konsensual.

Discord juga memberi pengguna banyak kendali atas akun mereka. Artinya, kamu dapat memblokir orang agar tidak menghubungi atau mengirimi kamu permintaan pertemanan, dan melaporkannya jika kamu mau.

Kamu juga dapat mengatur autentikasi dua faktor, dan meningkatkan privasi akun dengan beberapa cara. Untuk melakukannya, buka Pengaturan Pengguna, lalu navigasikan ke Privasi & Keamanan.

(brl/red)