4 Kasus yang terbongkar karena menggunakan Discord, dari dokumen rahasia negara sampai perselingkuhan

4 Kasus yang terbongkar karena menggunakan Discord, dari dokumen rahasia negara sampai perselingkuhan

Techno.id - Aplikasi Discord saat ini ramai dibicarakan kalangan netizen di Tanah Air. Fakta ini muncul setelah kasus perselingkuhan oknum pilot dan pramugari menyeruak ke publik setelah istri sang pilot membongkarnya melalui akun pribadi di media sosial.

Ini bukan pertama kali aplikasi Discord menguak skandal. Seperti pernah dilaporkan New York Times, pada April 2023, di tingkat internasional aplikasi ini pernah menjadi platform yang membocorkan dokumen intelijen Amerika Serikat (AS) mengenai perang di Ukraina.

Ya, Discord yang awalnya sebagai aplikasi untuk gamer yang popular di kalangan Generasi Z, belakangan menjadi aplikasi yang berkembang dengan pengguna yang membahas topik seperti senjata, perang, termasuk informasi yang sangat sensitif. Berikut beberapa kasus yang berhasil terbongkar setelah menggunakan aplikasi Discord.

1. Bocornya dokumen perang Rusia-Ukraina

4 Kasus yang terbongkar karena menggunakan Discord, dari dokumen rahasia negara sampai perselingkuhan Jack Douglas Teixeira (foto: veteranlife.com)

Dokumen rahasia intelijen AS mengenai perang antara Rusia dan Ukraina bocor, April 2023 lalu. Kasus ini pun membuat pihak Pentagon kalang kabut. Setelah ditelusuri, dokumen tersebut dibagikan di berbagai situs media sosial dan diyakini berasal dari grup pribadi Discord.

Para anggota group mengklaim bahwa mereka sebenarnya tidak pernah bermaksud untuk mempublikasikan dokumen tersebut. Akibat kasus ini, Jack Douglas Teixeira, seorang anggota Garda Nasional Udara AS berusia 21 tahun asal North Dighton, Massachusetts, ditangkap. Dia dianggap sebagai pemimpin grup obrolan di Discord yang membocorkan dokumen tersebut.

Sekitar dua lusin pengguna dalam grup obrolan pribadi yang dilaporkan bernama Thug Shaker Central berbicara tentang senjata favorit mereka dan berbagi meme dan lelucon-beberapa di antaranya rasis. Kelompok tersebut juga membahas perang termasuk invasi Rusia ke Ukraina.

Teixeira, yang menangani OG, dilaporkan mendapat kekaguman dari sebagian besar anggota grup yang masih muda. Dia diidentifikasi The New York Times sebagai tokoh utama dalam grup obrolan. Dalam sebuah wawancara dengan surat kabar tersebut, anggota kelompok itu mengatakan bahwa grup mereka dimulai sebagai tempat di mana para pemuda berkumpul untuk berbicara tentang kecintaan mereka pada senjata dan bermain video game bertema perang.

Mereka mengklaim dokumen rahasia yang mereka diskusikan dimaksudkan untuk murni informatif dan tidak pernah dimaksudkan untuk keluar dari grup. Namun dokumen tersebut mendapat perhatian, setelah salah satu anggota mempostingnya di forum publik.

2. Peristiwa rasis Charlottesville

4 Kasus yang terbongkar karena menggunakan Discord, dari dokumen rahasia negara sampai perselingkuhan foto: unicornriot.ninja

Pada tahun 2017, kelompok kulit putih menggunakan platform Discord untuk merencanakan unjuk rasa Unite the Right di Charlottesville, Virginia, AS, di mana seorang pengunjuk rasa tewas.

Menyusul unjuk rasa tersebut, Discord menutup sejumlah akun yang terkait dengan peristiwa di Charlottesville dan terus mengambil tindakan melawan supremasi kulit putih dan segala bentuk kebencian.

3. Kasus penembakan di toko kelontong Buffalo

4 Kasus yang terbongkar karena menggunakan Discord, dari dokumen rahasia negara sampai perselingkuhan Foto: tina macIntyre yee/rochester democrat and chronicle

Pada Mei 2022, seorang remaja kulit putih memposting meme rasis dan merekam pemikirannya di dalam aplikasi Discord sebelum menembak mati 10 orang di sebuah toko kelontong di Buffalo, New York.

Rincian aksi serangan tersebut disimpan dalam kelompok pribadi, termasuk entri rasis dan anti-semit selama berbulan-bulan bersama dengan deskripsi langkah demi langkah tentang rencana penyerangan remaja tersebut.

Saat itu Discord mengatakan 15 pengguna memiliki akses ke entri sebelum serangan. Tidak ada bukti bahwa ada orang yang melihat mereka sebelumnya. Platform tersebut mengatakan telah menghapus detailnya dan mencekal akun teeanger segera setelah diketahui.

Tidak seperti platform media sosial popular lainnya seperti X (Twitter) atau Facebook, Discord sering disebut sebagai platform tertutup. Diperlukan undangan bagi siapapun untuk bergabung dalam grup obrolan.

Adam Scott Wandt, Wakil Presiden Teknologi dan Asisten Profesor Privasi Publik di John Jay College of Criminal Justice, mengatakan kepada ABC News bahwa cara Discord diatur memungkinkan orang untuk memposting hal-hal yang tidak akan mereka posting di platform mainstream seperti Facebook atau Twitter.

4. Dugaan perselingkuhan oknum pilot dan pramugari

4 Kasus yang terbongkar karena menggunakan Discord, dari dokumen rahasia negara sampai perselingkuhan foto: instagram/@iranndha

Seperti disinggung di atas, Discord kini voral di Tanah Air setelah terbongkar dugaan kasus perselingkuhan yang dilakukan oknum pilot dan pramugari. Kasus ini mencuat setelah istri sang pilot membongkar perilaku suaminya lewat unggahan di Instagram pribadinya.

Sang istri membongkar sejumlah chat mesra bukti perselingkuhan sang suami dengan pramugari tersebut yang menggunakan aplikasi Discord.

(brl/red)