Mengulik 18 kelebihan dan kekurangan menggunakan aplikasi Discord

Mengulik 18 kelebihan dan kekurangan menggunakan aplikasi Discord

Techno.id - Discord adalah aplikasi gratis yang menggabungkan aspek obrolan suara dari layanan seperti Skype dan Teamspeak dengan obrolan teks dari Internet Relay Chat (IRC) dan layanan pesan instan. Aplikasi ini bisa digunakan di platform Windows, macOS, Linux, iOS, Android, dan browser web.

Discord awalnya dibuat bagi gamer online sebagai alternatif gratis untuk layanan obrolan suara seperti TeamSpeak, Mumble, dan Ventrilo. Layanan ini memfasilitasi komunikasi Voice over IP (VoIP) antara anggota klan game, guild, dan grup lainnya.

Alih-alih menggunakan alat komunikasi suara yang ada di dalam game, yang seringkali berkualitas lebih rendah dan tidak memiliki fitur, gamer menggunakan layanan Discord untuk bermain bersama.

Kelemahannya adalah sebagian besar layanan VoIP memerlukan server, yang biasanya tidak gratis. Beberapa perusahaan hosting menyediakan server VoIP gratis saat server game biasa disewa. Namun, biasanya ada biaya yang terkait untuk menjalankan server TeamSpeak, Mumble, atau Ventrilo.

Nah Discord menawarkan layanan serupa tapi tanpa biaya. Aplikasi Discord gratis untuk diunduh, mendaftar ke akun Discord gratis, dan siapa pun dapat membuat server Discord secara gratis.

Karena itu Discord dianggap sebagai platform terbaik untuk para gamer, dengan desainnya yang intuitif dan fitur obrolan suara yang mulus. Tetapi seperti platform sosial lain, ada pro dan kontra menggunakan Discord.

Di satu sisi, Discord menawarkan tingkat kenyamanan dan fleksibilitas yang tak tertandingi dalam hal komunikasi game. Dengan server yang dapat disesuaikan, saluran teks, dan kemampuan obrolan suara di satu tempat, kamu dapat tetap terhubung dengan komunitas game dengan mudah.

Namun, ada juga beberapa potensi kerugian penggunaan platform ini seperti masalah privasi dan pengguna yang mengganggu. Berikut kelebihan dan kekurangan menggunakan Discord yang berhasil dirangkum Techno.id dari berbagai sumber.

Kelebihan Discord

Mengulik 18 kelebihan dan kekurangan menggunakan aplikasi Discord foto: freepik/lineviz

1. Platform komunikasi serbaguna

Discord memberi pengguna opsi obrolan suara, video, dan teks, menjadikannya platform serbaguna untuk berbagai kebutuhan komunikasi. Baik untuk gamer yang perlu mengoordinasikan strategi secara real-time, komunitas seni ingin bertukar ide kreatif, atau klub sekolah yang perlu merencanakan acara, Discord menawarkan solusi komunikasi yang fleksibel dan komprehensif.

2. Dukungan beberapa perangkat

Ketersediaan Discord di desktop dan perangkat selular memastikan komunikasi yang lancar di berbagai platform. Pengguna dapat tetap terhubung dan terlibat dengan komunitas dan teman mereka terlepas dari perangkat pilihan mereka, mendorong pengalaman pengguna yang konsisten dan nyaman.

3. Percakapan terorganisir dengan server dan saluran

Discord mendukung banyak server dan saluran, memungkinkan pengguna mengatur percakapan berdasarkan topik, minat, atau komunitas. Pendekatan terstruktur ini menyederhanakan diskusi, mencegah kekacauan, dan memudahkan pengguna menemukan percakapan yang relevan.

4. Popular di antara beragam komunitas

Popularitas Discord di antara berbagai komunitas, termasuk grup game, klub sekolah, dan komunitas seni, menunjukkan daya tarik dan kemampuan beradaptasinya yang luas. Pengguna dapat menemukan dan terhubung dengan individu yang berpikiran sama, menumbuhkan rasa memiliki dan persahabatan.

5. Gratis untuk digunakan

Ketersediaan Discord sebagai platform gratis memungkinkan aksesibilitas yang luas, menarik basis pengguna yang besar. Sifat bebas biaya ini mendorong orang untuk mencoba platform dan menjelajahi fitur-fiturnya tanpa komitmen finansial apa pun.

6. Komunikasi suara berkualitas tinggi

Discord dikenal dengan kualitas suaranya yang jernih sehingga meningkatkan pengalaman komunikasi secara keseluruhan. Baik terlibat dalam sesi permainan atau percakapan santai, pengguna dapat mengandalkan kejernihan audio yang luar biasa, mengurangi kesalahpahaman, dan meningkatkan interaksi.

7. Konektivitas sosial yang ditingkatkan

Antarmuka Discord yang ramah pengguna dan fitur komunikasi memudahkan orang untuk berbicara dan bergaul dengan teman secara teratur. Ini menumbuhkan hubungan sosial yang lebih kuat dan memperkuat hubungan, terutama di dunia yang terhubung secara digital saat ini.

8. Platform yang berkembang dengan pembaruan rutin

Komitmen Discord terhadap evolusi konstan melalui fitur dan pembaruan baru memastikan pengalaman pengguna yang terus meningkat. Pembaruan rutin membuat platform tetap segar, memperkenalkan fungsionalitas baru, dan menangani umpan balik pengguna agar tetap terdepan.

9. Manajemen komunitas yang mendukung

Discord menawarkan berbagai alat untuk manajemen komunitas, memberdayakan moderator dan admin untuk menciptakan ruang yang aman dan inklusif. Fitur-fitur ini memungkinkan komunitas untuk berkembang dengan mendorong lingkungan positif yang mendorong keterlibatan dan kolaborasi.

(brl/red)