5 Cara mengatasi Google Maps tidak akurat, selalu perbarui aplikasi dan data peta

5 Cara mengatasi Google Maps tidak akurat, selalu perbarui aplikasi dan data peta

Techno.id - Google Maps merupakan alat yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari kita. Karena, Google Maps dapat membantu menemukan jalan, menavigasi lalu lintas, dan menemukan tempat-tempat penting.

Namun, terkadang teknologi canggih ini tidak akurat yang bisa mengakibatkan kebingungan dan frustrasi saat bepergian. Jika kamu pernah mengalami masalah tersebut saat menggunakan Google Maps, jangan khawatir. Berikut Techno.id menjelaskan 5 cara yang dapat kamu lakukan jika merasa Google Maps tidak akurat, Selasa (31/10).

1. Perbarui aplikasi dan data peta

5 Cara mengatasi Google Maps tidak akurat, selalu perbarui aplikasi dan data peta foto : freepik

Pastikan kamu memiliki versi terbaru aplikasi Google Maps di perangkat. Selain itu, periksa apakah peta telah diperbarui. Buka aplikasi dan periksa apakah ada pembaruan peta yang tersedia. Kadang-kadang, kesalahan atau ketidakakuratan dapat diperbaiki dengan pembaruan peta terbaru.

2. Kalibrasi GPS manual

5 Cara mengatasi Google Maps tidak akurat, selalu perbarui aplikasi dan data peta foto : freepik/gstudioimagen1

Untuk beberapa perangkat, kamu dapat mencoba melakukan kalibrasi GPS secara manual. Ini mungkin melibatkan menggambar angka delapan atau gerakan tertentu dengan perangkat kamu untuk membantu GPS menentukan lokasi yang lebih baik. Caranya akan bergantung pada jenis perangkat yang kamu miliki.

3. Aktifkan lokasi dan perbarui perangkat

5 Cara mengatasi Google Maps tidak akurat, selalu perbarui aplikasi dan data peta foto : freepik/rawpixel.com

Pastikan layanan lokasi di perangkat diaktifkan. Pastikan juga perangkat kamu memiliki sinyal GPS yang kuat. Karena terkadang ketidakakuratan mungkin terjadi akibat sinyal GPS yang lemah atau masalah dengan perangkat itu sendiri. Perbarui perangkat kamu jika perlu untuk memperbaiki permasalahan pada smartphone.

4. Laporkan kesalahan

5 Cara mengatasi Google Maps tidak akurat, selalu perbarui aplikasi dan data peta foto : freepik

Jika menemukan kesalahan atau ketidakakuratan di Google Maps, kamu dapat melaporkannya langsung kepada Google. Caranya sangat mudah, cukup ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas aplikasi dan pilih Laporkan masalah. Kamu dapat memberikan informasi rinci tentang masalah yang ditemui, seperti kesalahan alamat atau petunjuk arah yang salah.

5. Gunakan aplikasi alternatif

5 Cara mengatasi Google Maps tidak akurat, selalu perbarui aplikasi dan data peta foto : freepik

Terkadang, Google Maps bukanlah satu-satunya aplikasi pemetaan yang tersedia. Cobalah menggunakan aplikasi lain seperti Waze, Apple Maps, atau HERE Maps. Beberapa aplikasi ini dapat memberikan panduan yang lebih akurat tergantung pada lokasi dan kondisi lalu lintas.

Mengatasi ketidakakuratan Google Maps mungkin tidak selalu mudah, tetapi dengan langkah-langkah di atas, kamu dapat meminimalkan masalah dan memastikan perjalanan menjadi lebih akurat. Penting untuk selalu waspada dan menggabungkan beberapa sumber informasi saat melakukan perjalanan agar kamu dapat mencapai tujuan dengan aman dan akurat.

(magang/rama prameswara)

(brl/red)