Oppo Find X6 Pro jadi HP dengan kamera terbaik di dunia, ini penyebabnya

Oppo Find X6 Pro jadi HP dengan kamera terbaik di dunia, ini penyebabnya

Kamera terbaik Oppo

Menggunakan sistem triple camera.

Oppo Find X6 Pro jadi HP dengan kamera terbaik di dunia, ini penyebabnya

foto: Dxomark.com

Oppo Find X6 Pro memiliki tiga sensor kamera andalan yang menyertainya. Ketiga sensor tersebut terdiri dari kamera utama lensa 50 MP, sensor lensa kamera ultrawide 50 MP, dan kamera telefoto resolusi 50 MP. Sedangkan untuk kamera selfie menggunakan sensor 32 MP.

Sekilas kapasitas kamera dari Find X6 Pro terbilang cukup mumpuni. Meski tidak menggunakan resolusi lensa tinggi, namun Oppo mampu menyematkan sensor merata di setiap lensanya. Tak cukup sampai di situ, Oppo juga menggandeng pabrikan kamera kenamaan Hasselblad. Kolaborasi keduanya membuat Find X6 Pro mendapatkan predikat smartphone dengan kamera terbaik saat ini.

Kemudian Oppo juga berhasil mengembangkan teknologi chip bernama MariSilicon X. Chip tersebut dapat meningkatkan kualitas foto maupun video. Dengan demikian, chip NPU tersebut sangat berpengaruh untuk hasil foto yang maksimal.

DxOMark mengakui.

Oppo Find X6 Pro jadi HP dengan kamera terbaik di dunia, ini penyebabnya

foto: Oppo.com

Menurut DxOMark, Oppo Find X6 Pro mempunyai kemampuan kamera terbaik di kelas perangkat flagship lainnya. Pasalnya secara keseluruhan kamera ponsel ini dianggap mampu menghasilkan sebuah foto cukup detail dan tajam, bahkan saat pencahayaan minim sekalipun.

Oppo Find X6 Pro dinilai dapat menghasilkan video dengan cukup terang dan minim noise pada saat cahaya minim atau kegelapan. Nilai lebih diberikan berkat fitur bokeh dan sensor kestabilan yang bisa diandalkan dengan maksimal.

Masih ada kekurangan.

Meski DxOMark memberikan beragam ulsan positif, namun mereka juga mencatat beberapa kekurangan dari Oppo Find X6 Pro. Berdasarkan hasil uji cobat mereka, tingkat warna kontras pada foto portrait yang dihasilkan dalam kondisi latar belakang objek terang dan penuh cahaya, dianggap kurang cukup bagus.

Kemudian, fitur exposure di kamera ponsel masih terkadang kurang stabil saat memakai mode pemotretan atau perekaman video. Kemudian DxOMark juga mencatat ada beberapa objek tidak mendapatkan detail maksimal ketika melakukan foto dengan orang banyak.

Lebih lanjut, DxOMark menjelaskan bahwa citra kualitas kulit di hasil foto Oppo Find X6 Pro cenderung kurang sama dengan aslinya. Namun hal tersebut terjadi untuk beberapa kondisi. Tingkat dynamic range dalam foto juga dianggap akan berbeda di mode preview maupun hasil akhir foto.

Unggul poin dari iPhone 14 Pro dan Magic 5 Pro.

Oppo Find X6 Pro jadi HP dengan kamera terbaik di dunia, ini penyebabnya

foto: Oppo.com

Walaupun DxOMark memberikan catatan khusus untuk Oppo Find X6 Pro, ponsel tersebut tetap unggul poin dari iPhone 14 Pro dan Magic 5 Pro sebagai pesaing terkuat. Find X6 Pro mendapatkan poin 153 secara keseluruhan. Angka tersebut lebih tinggi daripada Honor Magic 5 Pro yang mengantongi 152 poin, dan di posisi ketiga ada Huawei Mate 50 Pro dengan 149 poin.

Itulah beberapa penyebab Oppo Find X6 Pro mampu meraih podium pertama dalam perebutan kamera terbaik DxOMark Tahun ini. Menarik untuk ditunggu apakah ada kompetitor yang mampu mengungguli Find X6 Pro. Atau malah Oppo bisa memecahkan rekornya sendiri.

(brl/guf)