3 Cara memblokir situs dewasa di HP Android anak

3 Cara memblokir situs dewasa di HP Android anak

Techno.id - Tidak bisa dipungkiri, internet adalah tempat di mana semua hal baik maupun buruk bercampur di dalamnya. Meskipun banyak manfaat yang diberikan, tetap saja hal-hal yang tidak diinginkan muncul karena internet.

Terlebih lagi karena saat ini proses belajar dan mengajar juga membutuhkan internet, banyak anak-anak yang sudah diberikan akses smartphone agar mempermudah proses belajar mereka.

Salah satu hal yang mengkhawatirkan ketika anak-anak sedang menggunakan gawai mereka untuk berinternet adalah jika secara tidak sengaja masuk ke situs-situs dewasa. Apalagi dengan kurangnya pengawasan orang tua, hal-hal yang lebih berbahaya dapat terjadi pada anak-anak. Karena itu techno.id telah merangkum 3 cara memblokir situs dewasa di ponsel Android anak agar membantu orang tua atau wali untuk mengawasi kegiatan digital anak-anaknya.

1. Menghidupkan fitur SafeSearch di Google Chrome

Pertama coba untuk masuk ke Google Chrome di perangkat Android. Lalu cari menu pengaturan pencarian, pilih opsi sembunyikan hasil ekspilisit dan klik simpan pengaturan.

2. Aktifkan proteksi tingkat tinggi di Google Chrome

Dengan meningkatkan proteksi tingkat tinggi di pencarian Google, situs-situs ilegal akan terblokir oleh sistem, termasuk juga situs-situs dewasa. Caranya cukup mudah, pertama buka aplikasi Google Chrome lalu klik 3 titik di kanan atas. Setelah itu pilih Setting dan pilih opsi Privacy and Security. Lalu akan ada opsi Safe Browsing, klik opsi tersebut dan pilih Enhanced Protection.

3. Blokir situs dewasa dengan mendownload aplikasi pihak ketiga

Selain cara-cara di atas,terdapat beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan untuk memblokir situs-situs dewasa dengan efektif. Contohnya seperti Digital Well Being dan Google Family Link, keduanya tersedia di Playstore dan dapat digunakan secara cuma-cuma.

Magang : Millenia Ramadita

(brl/red)