6 Cara membersihkan kamera ponsel yang berdebu, buram  dan berembun

6 Cara membersihkan kamera ponsel yang berdebu, buram  dan berembun

Techno.id - Kamera ponsel merupakan salah satu fitur yang menjadi daya tarik. Semakin mumpuni sensor yang disematkan pada kamera, maka akan semakin tinggi minat orang untuk memilikinya.

Maklum saat ini banyak pengguna muda yang selalu ingin merekam momen aktivitas mereka dengan gambar atau video untuk diunggah ke media sosial. Karena itu kualitas kamera ponsel menjadi salah satu pertimbangan bagi mereka saat membeli smartphone.

Apalagi saat ini hampir semua produsen smartphone berlomba-lomba menawarkan perangkat dengan kamera resolusi tinggi, termasuk dengan sensor canggih. Tapi, tidak jarang kamera ponsel justru bermasalah ketika akan digunakan. Biasanya kerusakan yang terjadi mulai dari bug hingga kerusakan fisik (hardware).

Nah sebagian besar kerusakan kamera disebabkan kelalaian pengguna. Mulai dari kamera yang terkena air, debu, goresan, blur dan lainnya. Ini adalah masalah klasik. Karena itu alangkah baiknya kamu selalu menjaga kondisi kamera agar tetap prima.

Jika kerusakan karena faktor software, solusi paling sederhana adalah dengan memperbarui sistemnya. Tapi bagaimana jika kamera bermasalah karena kotor atau lensa berembun? Berikut Techno.id berikan tips cara membersihkan kamera ponsel yang kotor.

1. Gunakan minyak kayu putih

6 Cara membersihkan kamera ponsel yang berdebu, buram dan berembun foto: freepik.com/prostooleh

Minyak kayu putih selain baik untuk kesehatan ternyata juga cukup ampuh untuk membersihkan permukaan kaca. Kandungan minyak ekaliptus yang ada di dalam minyak kayu putih ternyata bisa membersihkan lensa kamera dari kotoran berupa debu atau minyak. Bahkan minyak kayu putih juga bisa menghilangkan baret tipis pada lensa kamera.

Gunakan kain lembut atau lap kacamata untuk membersihkan lensa kamera. Tuangkan beberapa tetes minyak kayu putih pada kain lalu gosok secara perlahan lensa kamera hingga bersih.

2. Gunakan pasta gigi

6 Cara membersihkan kamera ponsel yang berdebu, buram dan berembun foto: freepik.com

Penggunaan pasta gigi sudah lama diketahui dapat membersihkan permukaan kaca. Kamu bisa menggunakan pasta gigi untuk membersihkan lensa kamera. Gunakan sedikit pasta gigi di atas permukaan kain yang lembut lalu usapkan secara perlahan ke permukaan lensa.

Usahakan saat menggosok lensa dengan gerakan satu arah untuk menghindari permukaan lensa tergores. Usap secara perlahan saja. Setelah itu bersihkan dengan kain lembut lainnya untuk mengangkat sisa-sisa pasta gigi.

Magang: Zadun Naja

(brl/red)