Cara menonaktifkan penyegaran aplikasi latar belakang di iPhone dan Android untuk menghemat baterai

Cara menonaktifkan penyegaran aplikasi latar belakang di iPhone dan Android untuk menghemat baterai

Techno.id - Mungkin banyak dari kamu sering mendengar mengenai penyegaran aplikasi di latar belakang pada smartphone, baik iPhone maupun perangkat Android. Tapi, apa sih sebenarnyafungsipenyegaran aplikasi latar belakang?

Penyegaran aplikasi latar belakang adalah fungsi penting di ponsel iPhone dan Android. Penyegaran aplikasi latar belakang adalah fitur iOS dan Android yang memungkinkan aplikasi memperbarui kontennya dari internet, meskipun kamu tidak menggunakannya. Sebaliknya, aplikasi menggunakan data di latar depan saat kamu membuka dan menggunakannya secara aktif.

Penyegaran aplikasi latar belakang berguna karena membuat penggunaan aplikasi lebih lancar, tetapi juga memiliki beberapa efek samping negatif, salah satunya menjadi penyebab baterai perangkat cepat habis.

Selain itu, penting untuk diperhatikan bahwa untuk sebagian besar aplikasi di iPhone, penyegaran aplikasi latar belakang tidak memengaruhi notifikasi. Artinya, kamu dapat menonaktifkan fitur tersebut untuk messenger seperti WhatsApp dan kamu masih akan melihat notifikasi saat menerima pesan baru. Namun, ini tidak berlaku untuk Android.

Haruskah menggunakan penyegaran aplikasi latar belakang?

Cara menonaktifkan penyegaran aplikasi latar belakang di iPhone dan Android untuk menghemat baterai foto: freepik

Dalam kebanyakan kasus, penyegaran aplikasi latar belakang nyaman dilakukan. Namun, ada dua alasan utama mengapa kamu mungkin ingin mematikannya.

Pertama, secara default, penyegaran aplikasi latar belakang aktif pada koneksi data selular dan Wi-Fi. Aplikasi dapat menggunakan cukup banyak data di latar belakang. Jadi jika kamu menggunakan paket data terbatas, penyegaran aplikasi di latar belakang dapat mengakibatkan kuota data kamu cepat habis.

Alasan lain untuk menonaktifkan penyegaran aplikasi latar belakang adalah untuk menghemat masa pakai baterai. Aplikasi yang berjalan di latar belakang menghabiskan daya baterai seperti saat kamu menjalankannya di latar depan.

Jika kamu ingin memaksimalkan daya tahan baterai perangkat di antara pengisian daya, kamu perlu menonaktifkan tugas latar belakang.

Cara mematikan penyegaran aplikasi latar belakang di iPhone

Cara menonaktifkan penyegaran aplikasi latar belakang di iPhone dan Android untuk menghemat baterai foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Untuk mengubah aplikasi mana yang berjalan di latar belakang di iPhone, buka Pengaturan > Umum > Penyegaran Aplikasi Latar Belakang. Di sini, kamu akan melihat daftar aplikasi di iPhone yang menggunakan penyegaran aplikasi latar belakang.

Cukup nonaktifkan penggeser untuk sebuah aplikasi, dan penggeser tersebut tidak akan diperbarui lagi di latar belakang. Kamu kemudian perlu membuka aplikasi agar dapat online dan memeriksa informasi baru.

Kamu juga dapat memilih Nonaktif agar aplikasi tidak pernah disegarkan di latar belakang di iPhone. Ini akan menghemat baterai, tetapi juga membuat aplikasi menjadi kurang berguna secara signifikan, jadi gunakan dengan hati-hati.

Mode daya rendah dan akses selular di iPhone

Cara menonaktifkan penyegaran aplikasi latar belakang di iPhone dan Android untuk menghemat baterai foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Ada dua opsi iPhone lain yang harus kamu ketahui terkait dengan penyegaran aplikasi latar belakang. Salah satunya adalah Mode Daya Rendah, yang membatasi proses iPhone untuk menghemat baterai. Itu terletak di menu Pengaturan > Baterai atau menggunakan pintasan Pusat Kontrol.

Saat kamu mengaktifkan Mode Daya Rendah, iPhone mengurangi kecerahannya, menonaktifkan push email, dan mematikan penyegaran aplikasi latar belakang sepenuhnya. Jadi, jika kamu ingin menghemat masa pakai baterai untuk waktu yang singkat, akan lebih mudah untuk mengaktifkan Mode Daya Rendah daripada menonaktifkan penyegaran aplikasi latar belakang secara manual. Saat kamu menonaktifkan Mode Daya Rendah, penyegaran latar belakang akan menyala kembali.

Terakhir, di menu Pengaturan > Selular, kamu dapat menonaktifkan penggeser untuk aplikasi apa pun yang tidak ingin kamu gunakan data selulernya. Ini adalah cara yang baik untuk mencegah aplikasi yang haus data menggunakan terlalu banyak data dengan penyegaran aplikasi latar belakang, sambil tetap mengizinkan aplikasi lain memanfaatkan fungsi tersebut bahkan pada data selular.

(brl/red)