Cara mudah mengenali dan kebal terhadap phishing di WhatsApp, jangan sampai lengah

Cara mudah mengenali dan kebal terhadap phishing di WhatsApp, jangan sampai lengah

Techno.id - Phising adalah teknik penipuan yang dilakukan oleh penjahat siber untuk mendapatkan informasi rahasia seperti kata sandi atau nomor kartu kredit dari korban mereka. Saat ini, WhatsApp telah menjadi target utama bagi para pelaku phising, karena popularitasnya sebagai aplikasi pesan instan yang banyak digunakan di seluruh dunia.

Cara kerja phishing di WhatsApp umumnya dimulai dengan sebuah pesan teks dari pengirim yang mengaku sebagai pihak yang terpercaya, seperti bank atau perusahaan yang dikenal. Pesan tersebut biasanya menyebutkan hal-hal yang mendesak atau menakutkan, seperti perluasan blokir akun atau penghentian pembayaran.

Setelah itu, pengirim akan meminta korban untuk memberikan informasi rahasia, seperti nomor rekening bank atau kartu kredit, untuk memproses permintaan mereka. Hal ini bertujuan untuk memperoleh informasi pribadi korban, yang nantinya dapat digunakan untuk melakukan aksi kejahatan, seperti pencurian identitas atau pengeluaran uang secara tidak sah.

Untuk melindungi diri dari serangan phishing di WhatsApp, ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Penasaran apa saja? Berikut techno.id sajikan cara mengenali dan kebal terhadap phishing di WhatsApp, yang dihimpun dari berbagai sumber.


(brl/guf)