Cara mudah mengenali dan kebal terhadap phishing di WhatsApp, jangan sampai lengah

Cara mudah mengenali dan kebal terhadap phishing di WhatsApp, jangan sampai lengah

Cara mengatasi Phising WhatsApp.

Cara mengenali phising di WhatsApp.

Pertama, pesan teks phishing biasanya akan meminta sobat untuk memberikan informasi pribadi secara cepat dan mendesak, tanpa memberi waktu untuk berpikir atau mempertimbangkannya terlebih dahulu. Selain itu, pesan phishing juga seringkali menggunakan bahasa yang memprovokasi emosi atau menakutkan pengguna.

Cara mengatasi phising di WhatsApp.

Cara mudah mengenali dan kebal terhadap phishing di WhatsApp, jangan sampai lengah

foto: Pexels.com

Untuk mengatasi phising di WhatsApp, ada beberapa tindakan yang dapat sobat lakukan:

1. Jangan memberikan informasi pribadi melalui pesan WhatsApp. Pastikan untuk selalu memeriksa nomor pengirim pesan dan pastikan bahwa itu berasal dari sumber yang terpercaya.

2. Jangan klik tautan yang mencurigakan atau mengunduh lampiran dari pesan WhatsApp yang tidak dikenal. Hindari mengikuti instruksi atau tautan yang diminta oleh pengirim yang tidak dikenal.

3. Perbarui aplikasi WhatsApp sobat ke versi terbaru, tujuannya untuk menghindari kerentanan keamanan yang bisa jadi muncul karena aplikasi masih menggunakan versi lawas.

4. Aktifkan verifikasi dua langkah pada akun WhatsApp sobat. Tujuannya adalah untuk mempersulit pelaku phising untuk masuk ke akun.

5. Pastikan untuk selalu melacak aktivitas akun sobat dan segera laporkan kejadian yang mencurigakan ke pihak berwenang jika kamu curiga bahwa akun telah diretas atau terkena serangan phishing.

Itulah beberapa cara untuk mengenali serta mengatasi masalah phishing yang kerap terjadi di aplikasi WhatsApp. Dengan adanya langkah tersebut, diharapkan pengguna bisa berhati-hati dalam berinteraksi dengan orang baru melalui media WhatsApp. Jangan sampai sobat mudah percaya dan menjadi korban dari tindak kejahatan siber. Semoga bermanfaat.

(brl/guf)