6 Cara memperbaiki Microsoft Word menghapus teks dengan sendirinya

6 Cara memperbaiki Microsoft Word menghapus teks dengan sendirinya

Techno.id - Mungkin kamu pernah mengalami aplikasi Microsoft Word menghapus teks dengan sendirinya saat kamu mengedit salah satu dokumen? Ketika hal ini terjadi, kamu harus memeriksa apakah ada orang lain yang sedang mengerjakan dokumen yang sama atau apakah kamu tidak secara tidak sengaja mengaktifkan opsi pengetikan berlebih di Word.

Namun, ada lebih banyak alasan mengapa kamu bisa mengalami masalah ini. Berikut cara mengatasi Microsoft Word menghapus teks dengan sendirinya.

1. Periksa apakah ada orang lain yang mengedit dokumen

6 Cara memperbaiki Microsoft Word menghapus teks dengan sendirinya foto: freepik/drobotdean

Mungkin tidak ada yang salah dengan Word, tetapi orang lain yang menghapus teksnya. Jika kamu berkolaborasi dengan orang lain di dokumen Word, mereka mungkin menghapus teks jika mereka memiliki izin pengeditan.

Word akan menampilkan pesan Orang lain sedang mengedit dokumen ini saat kamu membuka dokumen. Jika kamu melewatkan pesan tersebut, tetapi teks terus menghilang, kamu harus memeriksa siapa yang memiliki akses ke file tersebut.

2. Periksa keyboard

6 Cara memperbaiki Microsoft Word menghapus teks dengan sendirinya foto: freepik

Jika Word terus menghapus teks setelah kamu menekan tombol Backspace atau Delete, kemungkinan salah satu tombolnya macet. Dalam hal ini, tekan perlahan dan periksa apakah tombol tersebut berfungsi seperti biasa. Jika tombol macet, kamu dapat memetakan ulang keyboard dan menonaktifkan tombol tersebut atau membersihkan keyboard.

3. Menonaktifkan fitur ketik lebih dari sekali (overtype) Word

6 Cara memperbaiki Microsoft Word menghapus teks dengan sendirinya foto: unsplash/amy hirschi

Jika Word menghapus beberapa teks saat kamu mengetik, mungkin kamu secara tidak sengaja mengaktifkan fitur overtype. Meskipun tidak melalui pengaturan Word, kamu dapat mengaktifkan dan menonaktifkan fitur ini dengan menekan tombol Insert pada keyboard.

Sekarang, jika ingin mencegah hal ini terjadi lagi, kamu harus melihat opsi pengeditan Word.

1. Buka Word, klik tab File di pojok kiri atas, lalu pilih Options.

2. Dari menu sebelah kiri, klik Advanced.

3. Buka bagian Opsi pengeditan.

4. Hapus centang pada Gunakan tombol Insert untuk mengontrol mode pengetikan berlebih dan Gunakan opsi mode pengetikan berlebih.

5. Klik OK untuk menyimpan pengaturan baru.

Kembali mengedit dokumen dan periksa apakah Word masih menghapus bagian teks dengan sendirinya.

(brl/red)