16 Tips dan trik agar smartphone kamu tidak cepat panas, nomor 1 wajib dilakukan  

16 Tips dan trik agar smartphone kamu tidak cepat panas, nomor 1 wajib dilakukan  

16 Tips dan trik agar smartphone tidak cepat panas

7. Hentikan proses yang membuat boros daya

16 Tips dan trik agar smartphone kamu tidak cepat panas, nomor 1 wajib dilakukan foto: freepik/vgstockstudio

Banyak aktivitas yang kamu lakukan dapat menyebabkan boros daya. Karena itu sebaiknya kamu mengurangi kegiatan yang membuat CPU ponsel kamu bekerja keras seperti bermain game, menonton streaming, pembaruan perangkat lunak, pencadangan, dan sinkronisasi. Bersihkan juga proses latar belakang lain yang tidak diinginkan.

8. Mulai ulang ponsel

16 Tips dan trik agar smartphone kamu tidak cepat panas, nomor 1 wajib dilakukan foto: freepik/eyesartist

Jika aplikasi latar belakang telah ditutup dan menyebabkan masalah, memulai ulang akan membantu. Aplikasi yang bermasalah mungkin menghabiskan semua sumber daya sistem dan menyebabkan ponsel menjadi panas. Memulai ulang akan membantu menyelesaikan masalah. Selain itu, selalu instal aplikasi dari sumber tepercaya seperti Play Store atau App store saja untuk memastikan aplikasi yang kamu instal tidak menyebabkan masalah pada ponsel kamu.

9. Jangan lakukan panggilan suara saat mengisi daya

16 Tips dan trik agar smartphone kamu tidak cepat panas, nomor 1 wajib dilakukan foto: freepik/rawpixel.com

Panggilan suara dari SIM membutuhkan konektivitas ke menara selular dan akhirnya memonopoli sistem. Jika kamu perlu menerima panggilan, isi daya terlebih dahulu dan cabut stekernya sebelum berbicara di telepon.

10. Selalu gunakan pengisi daya berkualitas baik

16 Tips dan trik agar smartphone kamu tidak cepat panas, nomor 1 wajib dilakukan foto: freepik/user20678629

Pengisi daya asli yang disertakan dengan ponsel adalah yang terbaik untuk digunakan. Jika tidak memungkinkan, gunakan dan beli pengisi daya ponsel hanya dari produsen resmi. Ini memastikan bahwa pengisi daya selalu sesuai dengan peringkat daya ponsel kamu.

11. Hindari mengisi daya ponsel semalam

16 Tips dan trik agar smartphone kamu tidak cepat panas, nomor 1 wajib dilakukan foto: freepik/stokkete

Hanya beberapa ponsel yang memiliki sirkuit pengisian daya yang baik dan akan memutus daya setelah diisi dayanya. Ponsel yang dibiarkan semalaman melanjutkan siklus pengisian dan pengosongan hingga 100 persen. Bayangkan jika ponsel terus melakukan itu selama kamu tidur. Hal ini menyebabkan dampak yang signifikan pada baterai ponsel, sehingga ponsel dapat menjadi panas saat kamu bangun keesokan harinya.

(brl/red)