Pahami kesehatan baterai dan cara memeriksanya di ponsel Android agar tetap tokcer

Pahami kesehatan baterai dan cara memeriksanya di ponsel Android agar tetap tokcer

Techno.id - Sebagian besar ponsel cerdas Android modern saat ini, memiliki kemampuan pengisian daya yang cepat. Ini berarti waktu pengisian ulang lebih rendah. Namun, jika merasa ponsel Android kamu menghabiskan baterai dengan cepat, atau mengalami pengurasan tiba-tiba, termasuk ponsel kamu mati mendadak, itu mungkin karena kesehatan baterai yang buruk. Karena itu kamu harus memeriksa kesehatan baterai perangkat kamu. Ini sangat penting dilakukan dan bagaimana cara mengatasinya?

Apa itu kesehatan baterai?

Pahami kesehatan baterai dan cara memeriksanya di ponsel Android agar tetap tokcer foto: freepik/dbenitostock

Sebelum memeriksa kesehatan baterai ponsel cerdas, kamu mungkin bertanya-tanya apa sebenarnya kesehatan baterai itu. Secara sederhana, kesehatan baterai adalah kondisi keseluruhan dan kinerja baterai ponsel dibanding saat masih baru. Baterai ponsel cerdas mulai menurun sejak pertama kali kamu mengisi dayanya.

Sejak saat itu, kesehatan baterai ponsel dipengaruhi sejumlah faktor seperti penggunaan ponsel, kebiasaan mengisi daya, dan kualitas baterai itu sendiri. Seiring berjalannya waktu, baterai secara alami menjadi aus, dan kemampuannya untuk menahan daya berkurang.

Penurunan kinerja baterai secara bertahap inilah yang disebut sebagai kesehatan baterai. Inilah alasan mengapa kamu lebih sering mengisi daya ponsel dibanding saat masih baru.

Sekarang, kamu harus tahu perbedaan antara kesehatan baterai dan masa pakai baterai. Masa pakai baterai berarti daya yang tersisa di baterai ponsel pada saat tertentu. Ini memberi tahu kamu berapa banyak daya yang dimiliki ponsel saat ini. Di sisi lain, kesehatan baterai mencerminkan kondisi baterai secara keseluruhan.

(brl/red)