6 Langkah mengeringkan port pengisian daya ponsel yang terkena air dan tindakan yang harus dihindari

6 Langkah mengeringkan port pengisian daya ponsel yang terkena air dan tindakan yang harus dihindari

Techno.id - Mungkin banyak dari kamu yang pernah mengalami port pengisian daya smartphone-nya terkena air. Mungkin secara tak sengaja ketumpahan air atau jatuh ke dalam air di kolam renang. Jika kondisi ini terjadi, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah segera matikan smartpnone. Setelah itu usahakan kamu mengeringkan ponsel dengan cara diangin-anginkan.

Namun, tergantung seberapa parahnya. Untuk mengeringkan secara total, kamu mungkin juga perlu menggunakan alat tertentu seperti penyedot debu. Untuk ponsel cerdas modern saat ini, sebagian besar tahan air, bergantung pada peringkat Ingress Protection (IP) smartphone. Ini adalah sebuah standar penilaian yang dibuat International Electrotechnical Commission (IEC) untuk menentukan ketahanan produk elektronik terhadap air dan elemen-elemen eksternal lainnya.

Karena itu beberapa ponsel tidak akan rusak meskipun terendam air selama waktu tertentu. Jadi kamu harus memeriksa peringkat IP ponsel kamu terlebih dahulu. Jika ponsel kamu memiliki ketahanan air yang cukup, kamu dapat tetap menggunakan ponsel secara normal. Tapi jangan mengisi daya sampai air benar-benar kering. Jika tidak, kamu dapat mencoba perbaikan di bawah ini untuk menghilangkan semua air dari ponsel kamu.

1. Matikan ponsel

6 Langkah mengeringkan port pengisian daya ponsel yang terkena air dan tindakan yang harus dihindari foto: freepik/rawpixel.com

Seperti disebutkan di atas, langkah pertama yang harus kamu lakukan jika air masuk ke dalam ponsel adalah mematikannya. Cara ini untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada ponsel, karena air dapat menyebabkan korsleting pada komponen elektronik di dalamnya.

2. Lepaskan casing dan komponen yang dapat dilepas

6 Langkah mengeringkan port pengisian daya ponsel yang terkena air dan tindakan yang harus dihindari foto: freepik

Jika ponsel kamu memiliki casing atau aksesori lain yang diikatkan padanya, lepaskan. Kemudian, keluarkan baki SIM dan kartu Sim dari ponsel menggunakan ejektor SIM. Jika kamu memiliki ponsel model lama dengan baterai yang dapat dilepas, pastikan juga untuk melepas baterainya.

3. Bersihkan kelebihan air

6 Langkah mengeringkan port pengisian daya ponsel yang terkena air dan tindakan yang harus dihindari foto: freepik

Jika masih banyak sisa air yang menempel di layar atau panel belakang, kamu bisa menggunakan kain untuk menyekanya. Jika ada kelebihan air di dalam lubang kecil di ponsel, tepuk perlahan ponsel hingga airnya menetes keluar.

4. Keringkan ponsel dengan udara

6 Langkah mengeringkan port pengisian daya ponsel yang terkena air dan tindakan yang harus dihindari foto: freepik/plusonevector

Cara terbaik dan teraman untuk mengeluarkan air dari port pengisi daya, atau ponsel secara umum adalah dengan membiarkannya mengering. Kamu hanya perlu meletakkan ponsel di tempat yang kering dengan udara yang bergerak agar semua air menguap secara alami dari ponsel.

Letakkan ponsel di tempat yang kering dengan port pengisi daya menghadap ke bawah. Cara ini memungkinkan gravitasi bekerja agar air akan menetes dari port pengisian daya. Pastikan ponsel kamu berada di tempat yang memiliki sirkulasi udara alami untuk mengeringkannya dengan benar.

Biarkan ponsel seperti itu mengering secara alami. Bergantung pada seberapa banyak air yang masuk ke dalam ponsel, dibutuhkan waktu mulai dari beberapa jam hingga beberapa hari hingga benar-benar kering. Disarankan kamu mengeringkan ponsel setidaknya selama 24 jam untuk memastikannya.

Jika ingin mempercepat prosesnya, kamu dapat menggunakan kipas angin atau AC untuk meniupkan lebih banyak udara ke ponsel. Jika menggunakan AC, pastikan AC disetel ke dingin karena udara panas dapat merusak ponsel lebih lanjut.

5. Gunakan vakum atau penyedot debu

6 Langkah mengeringkan port pengisian daya ponsel yang terkena air dan tindakan yang harus dihindari foto: freepik

Jika ponsel terendam seluruhnya di genangan air, mengeringkan ponsel dengan udara saja mungkin tidak akan membantu. Mungkin ada banyak kelebihan air di ponsel kamu, dan pengeringan udara mungkin memakan waktu terlalu lama untuk benar-benar mengeringkannya.

Dalam kasus seperti itu, kamu dapat menggunakan vakum atau penyedot debu untuk menyedot kelebihan air terlebih dahulu. Kemudian, keringkan ponsel dengan udara untuk menghilangkan air sepenuhnya. Dengan vakum pastikan untuk menggunakan mode hisap ringan terlebih dahulu karena jauh lebih bertenaga daripada penyedot debu.

Kemudian, kamu dapat menutupi pipa intake vakum atau penyedot debu dengan tangan sambil meninggalkan celah kecil. Gunakan celah kecil itu untuk menyedot air dari semua bukaan ponsel cerdas kamu. Setelah itu kamu dapat mengeringkan ponsel dengan udara untuk mengeluarkan semua air.

6. Gunakan gel silika

6 Langkah mengeringkan port pengisian daya ponsel yang terkena air dan tindakan yang harus dihindari foto: freepik/new africa

Kamu juga dapat menggunakan bahan higroskopis seperti gel silika untuk mengeringkan ponsel. Bahan higroskopis secara alami akan menyerap kelembapan di sekitarnya. Kamu dapat mengemas ponsel dengan gel silika di dalam tas atau kotak untuk mengeluarkan air dari ponsel.

Namun, metode ini memakan waktu cukup lama untuk mengeringkan ponsel sepenuhnya. Kamu mungkin perlu membiarkan ponsel dalam gel silika selama berhari-hari untuk menghilangkan semua air.

(brl/red)