16 Tips dan trik agar smartphone kamu tidak cepat panas, nomor 1 wajib dilakukan  

16 Tips dan trik agar smartphone kamu tidak cepat panas, nomor 1 wajib dilakukan  

Techno.id - Masa pakai baterai smartphone sangat penting untuk menjaga perangkat kamu tetap bekerja secara optimal. Karena itu kamu harus merawat baterai dengan baik, salah satunya dengan menerapkan kebiasaan yang tidak membebani baterai.

Menjaga kesehatan baterai juga dapat menghindari ponsel cerdas kamu dari panas berlebih. Maklum, panas merupakan musuh terbesar baterai ponsel cerdas. Jika kondisi ini dibiarkan terus menerus, bukan tidak mungkin akan berdampak pada kerusakan ponsel cerdas.

Panas pada smartphone sering muncul saat sedang diisi daya. Hal ini wajar mengingat ketika terjadi proses pengisian daya akan mengalirkan daya listrik ke baterai sehingga menimbulkan panas. Namun jika panas berlebih yang terjadi, kamu harus waspada. Sebab jika dibiarkan bukan hanya dapat memengaruhi usia baterai tetapi juga dapat berdampak pada perangkat keras lain di dalam ponsel cerdas. Berikut beberapa tips untuk mencegah ponsel menjadi panas saat diisi daya.

1. Jangan main game dan nonton video saat diisi daya

16 Tips dan trik agar smartphone kamu tidak cepat panas, nomor 1 wajib dilakukan foto: freepik/rcphotostock

Ponsel mengalami peningkatan konsumsi daya karena aplikasi berat berjalan untuk sementara waktu. Bermain game menghabiskan sumber daya sistem dan dapat memanaskan ponsel dengan cukup cepat.

Game adalah aplikasi yang sangat membutuhkan banyak daya. Mengisi daya ponsel kamu akan menaikkan suhu baterai. Karena itu ketika kamu bermain game saat mengisi daya maka akan membuat peluang besar ponsel kamu terlalu panas dengan sangat cepat.

Cara yang sama juga terjadi ketika kamu menonton video saat mengisi daya. Hindari menonton Youtube atau Netflix ketika mengisi daya karena kedua aplikasi tersebut juga cukup boros daya sistem. Menghindari penggunaan ponsel saat mengisi daya membantu mengisi daya baterai dengan benar. Dalam kasus seperti ini, membiarkan ponsel diam selama beberapa waktu memberinya kesempatan untuk menjadi dingin.

2. Jangan mengisi daya ponsel saat panas

16 Tips dan trik agar smartphone kamu tidak cepat panas, nomor 1 wajib dilakukan foto: freepik

Kamu mungkin baru saja bermain game atau menonton Netflix. Usahakan tidak langsung mengisi daya setelah bermain game atau menonton streaming.

Sebab, bermain game atau menonton video dapat menimbulkan panas. Jadi mengisi daya ponsel bukanlah ide yang baik. Kebanyakan orang cenderung mengisi daya ponsel mereka segera setelah mereka menyelesaikan sesi pengurasan baterai yang sangat besar. Cara tersebut dapat memperpendek masa pakai baterai dan dapat menyebabkan kerusakan perangkat keras juga.

3. Jangan tinggalkan ponsel di dalam mobil

16 Tips dan trik agar smartphone kamu tidak cepat panas, nomor 1 wajib dilakukan foto: freepik/fongbeerredhot

Ruang mobil sangat kecil dan kedap udara. Ini berarti, pada hari yang cerah (siang), bagian dalam memanas dengan sangat cepat, dengan panas yang terperangkap di dalamnya. Jika kamu meninggalkan ponsel di dasbor atau di bawah kursi, dapat memanaskan ponsel. Selalu simpan ponsel di tempat yang sejuk jauh dari sinar matahari.

4. Lepaskan casing ponsel

16 Tips dan trik agar smartphone kamu tidak cepat panas, nomor 1 wajib dilakukan foto: freepik/anastasiia-chepinska

Sebagian besar casing ponsel dirancang hanya untuk perlindungan. Mereka tidak bekerja dengan baik untuk perangkat yang terlalu panas. Melepas casing akan mendinginkan ponsel kamu lebih cepat.

5. Gunakan mode pesawat

16 Tips dan trik agar smartphone kamu tidak cepat panas, nomor 1 wajib dilakukan foto: freepik/tete_escape

Mode pesawat mematikan konektivitas seperti jaringan SIM, Wi-Fi, dan Bluetooth. Jika salah satu fitur tersebut menyebabkan masalah, maka ponsel bisa menjadi panas saat dicolok ke sumber daya. Jika kamu menggunakan mode pesawat, ponsel dapat menyelesaikan siklus pengisian daya dengan cara yang benar.

6. Kurangi kecerahan layar

16 Tips dan trik agar smartphone kamu tidak cepat panas, nomor 1 wajib dilakukan foto: freepik

Layar akan memanaskan ponsel saat menyala. Karena itu disarankan tidak menggunakan ponsel dengan kecerahan tinggi setiap saat. Gunakan kecerahan otomatis jika ponsel kamu memiliki fitur tersebut. Jika tidak, pastikan kamu menjaga kecerahan tetap rendah setiap saat.

(brl/red)